Artikel Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembuatan Kompos dengan Metode Bokashi dan Lasagna Composter dari Sumber Daya Alam di Lingkungan Kampung Pakarangan Desa Mangunjaya

Penulis

  • Siti Sarah Maesaroh UIN Sunan Gunung Djati
  • Febi Mulyanto Putri UIN Sunan Gunung Djati
  • Suryany Nadivah UIN Sunan Gunung Djati
  • Fahrul Mushoffa UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Pupuk Kompos, Bokashi, Lasagna Composter, Suhu, Pemberdayaan Masyarakat

Abstrak

Artikel ini membahas upaya pemberdayaan masyarakat dalam mengelola sampah organik melalui penerapan dua metode komposting, yaitu Bokashi dan Lasagna Composter, di Kampung Pakarangan Desa Mangunjaya, Kabupaten Bandung. Kegiatan pemberdayaan ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi lingkungan sekitar dalam mengurangi sampah organik sambil meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat. Dalam artikel ini, kami menjelaskan secara rinci pengenalan metode Bokashi dan Lasagna Composter, serta menganalisis kelebihan dan kelemahan dari kedua metode tersebut. Kami juga memberikan panduan langkah-langkah pengomposan menggunakan metode Bokashi dan Lasagna Composter. Selain itu, kami mengulas produk kompos yang dihasilkan dari masing-masing metode. Artikel ini juga membahas pengenalan alat pengukur suhu berbasis sensor dan mikrokontroler yang digunakan untuk mengukur suhu pupuk kompos pada metode Lasagna Composter, yang membantu dalam memantau kualitas pupuk kompos. Hasil kegiatan pemberdayaan ini menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan sampah organik dan penerapan metode komposting di kalangan masyarakat. Selain itu, melalui sesi diskusi dan tanya jawab, ditemukan beragam pandangan dan masukan dari masyarakat terkait penggunaan pupuk kompos dalam pertanian mereka. Artikel ini menggambarkan kontribusi positif dari pemberdayaan masyarakat dalam menciptakan praktik pengelolaan sampah organik yang berkelanjutan dan membantu meningkatkan kesadaran lingkungan di Desa Mangunjaya.

Referensi

Anwar, Choiroel, Hari Rudijanto I.W, Budi Triyantoro, dan Gatot Murti Wibowo. 2019. “Pembuatan Pupuk Kompos Dengan Komposter Dalam Pemanfaatan Sampah Di Desa Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.” Link 15 (1): 46. https://doi.org/10.31983/link.v15i1.4441.

KABUPATEN DPPP BANGKA SELATAN. 2021. “Kandungan Dan Manfaat Tersembunyi Dari Arang Sekam - Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Bangka Selatan.” https://dppp.bangkaselatankab.go.id/post/detail/964-kandungan-dan-manfaat-tersembunyi-dari-arang-sekam. 12 Maret 2021.

Nurkhasanah, Eva, Devara Candra Ababil, Robby Danang Prayogo, Astrilia Damayanti, Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Universitas Negeri Semarang. 2021. “Pembuatan Pupuk Kompos dari Daun Kering.” Jurnal Bina Desa 3 (2): 109–17. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbinadesa.

PENELITIAN KUALITATIF. t.t.

Rinaldi, Aldi, Ridwan, dan M.Tang. 2021. “Analisis Kandungan Pupuk Bokashi Dari Limbah Ampas Teh Dan Kotoran Sapi.” Saintis 2 (1): 5–13.

Roidah, Ida Syamsu. 2013. “Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah.” Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO 1 (1): 30–42.

Seni Tani, Oleh. t.t. “Lasagna Compost.”

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Sarah Maesaroh, S., Febi Mulyanto Putri, Suryany Nadivah, & Fahrul Mushoffa. (2023). Artikel Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembuatan Kompos dengan Metode Bokashi dan Lasagna Composter dari Sumber Daya Alam di Lingkungan Kampung Pakarangan Desa Mangunjaya . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(3). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3199