Peran dan Kontribusi Mahasiswa dalam Meningkatkan Semangat Belajar dan Berkompetisi Melalui Lomba Cerdas Cermat Antar TPQ Di Dusun 2 Desa Cikande
Keywords:
TPQ, Pengabdian, Lomba Cerdas CermatAbstract
pendidikan agama dalam kehidupan sehari-hari sangat penting karena merupakan salah satu pondasi atau dasar terhadap karakter dan budi pekerti anak. TPQ merupakan wadah dalam mencari ilmu agama dan memperdalam ilmu agama yang menjadi aspek penting dalam kehidupan saat ini. kontribusi serta peran mahasiswa KKN Sisdamas Kelompok 194 ini dalam program mengajar dibeberapa TPQ yang berada di susun 2 Desa Cikande adalah bertujuan untuk mendorong kepada para siswa-siswa yang mengaji di TPQ untuk senantiasa semangat belajar dan menanamkan jiwa berkompetisi mereka dalam acara Lomba Cerdas Cermat yang kami persiapkan. Metode yang kami pakai adalah berupa pengabdian langsung kepada masyarakat yang dilaksanakan sesuai siklus-siklus yang dicanangkan oleh pihak kampus. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut adalah para siswa lebih antusias akan belajar dan tertumbuh jiwa kompetitif mereka dalam mencari ilmu, serta terciptaa rasa toleransi dan kebersamaan antar siswa TPQ dusun 2 Desa Cikande.
Kata Kunci: TPQ, Pengabdian, Lomba Cerdas Cermat.
References
Munawaroh, Z. (2017). Analisis Manajemen Risiko Pada Pelaksanaan Program Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(2), 71-79
Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasa. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109-120.
Sumarni, A. (2013). UPAYA TUTOR TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Yuliani, D. (2018). PENDEKATAN SISTEM UNTUK MEMAHAMI PENDEKATAN ORGANISASI: SEBUAH PERSPEKTIF UNTUK AGENDA DIAGNOTIC READING. Jurnal Inspirasi, 9(2), 73-79
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Azizah Herlina Batubara Azizah, Abdulah Safe'i, Astri Febrianti, Safina Amanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.