Metode Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Guna Menstimulasi Kesiapan Murid Sdn Palasari Menghadapi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Fatwa Aulia Sudrajat Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syaifullah Alfinddio Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Jihan Rahmadanty Azhari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Dede Komarudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • E. Roni A. Nurkiman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Metode Permainan, Bahasa Inggris, Kurikulum Merdeka

Abstract

Di Indonesia, pendidikan dasar merupakan fondasi yang sangat vital dalam membentuk karakter dan kesiapan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan. Mata pelajaran Bahasa Inggris dipilih sebagai fokus penelitian ini karena bahasa ini memiliki peran penting dalam komunikasi global dan menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan ditingkat dasar. Pemberdayaan ini bertujuan untuk memberikan stimulasi di pelajaran Bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran pilihan Kurikulum Merdeka. Inisiasi metode pembelajaran permainan diaplikasikan dalam program “English Club” dengan tujuan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar. Metode yang digunakan ialah metode SISDAMAS (Sistem Pemberdayaan Masyarakat) yang di mana didalamnya memuat empat siklus. Siklus pertama yakni refleksi sosial, siklus kedua yakni siklus perencanaan partisipatif dan sinergi program, siklus ketiga yakni pelaksanaan program dan siklus keempat adalah evaluasi. Penerapan metode permainan ini menghasilkan peningkatan kesiapan murid SDN Palasari terhadap aspek pengetahuan dasar mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode yang diusung dalam program “English Club” ini telah diinisiasikan agar diaplikasikan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SDN Palasari.

Kata Kunci: Metode Permainan, Bahasa Inggris, Kurikulum Merdeka.

References

MERCHIANO, R., & DJATI, L. U. S. G. (2021). KKN-DR DI DESA SUNGSANG 4 KECAMATAN BANYUASIN. Penguatan Atas Kesadaran Dan Kepedulian Terhadap Wabah Covid-19 Dengan Mengoptimalkan Aktifitas Masyarakat Sebagai Upaya Menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru, 191.

Wardhani, D. K. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Azhar di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Ammanatul Ummah Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Ridhwan, D. S., & Dewita, N. (2022). Epistimologi dan Praktik Pendidikan Tiga Ulama Nusantara. Penerbit A-Empat.

Aska Leonardi, A. Tesis: PENGARUH SOSIALISASI BELA NEGARA TERHADAP SIKAP BELA NEGARA GURU SEKOLAH DASAR DI JAKARTA.

Panginan, V. R., & Susianti, S. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9-16.

Oktaviani, A. M., Marini, A., & Zulela, Z. M. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Tehadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Perbandingan Kurikulum 2013. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 341-346.

Mawarsari, N., & Wardani, K. W. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5461-5465.

Hidayati, V. N., Dani, F. R., Wati, M. S., & Putri, M. Y. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Siswa Kelas X Di Sman 1 Payung Sekaki. Jurnal Eduscience, 9(3), 707-716.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Sudrajat, F. A., Alfinddio, S. ., Azhari, J. R. ., Komarudin, D., & Nurkiman, E. R. A. (2023). Metode Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Guna Menstimulasi Kesiapan Murid Sdn Palasari Menghadapi Kurikulum Merdeka. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 205–223. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3121