Jurnal Penyuluhan dan Pengajaran Siswa SD Dusun Pancerwetan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Annisa Febriyanti Student
  • Nur Neila Purnamasari
  • Lutfi Rahman Thabrani
  • M. Sandi Marta

Keywords:

Siswa, sekolah, penyuluhan, Pancerwetan, KKN

Abstract

Abstrak

Desa Pangarengan merupakan desa yang mempunyai hasil tambak berlimpah, namun masih tertinggal dalam bidang pendidikan, dimana masalah berpusat pada siswa SD Dusun Pangarengan yang memiliki minat belajar rendah, belum mahir -baca tulis-hitung, kepercayaan diri yang rendah, serta tingkah laku yang kurang baik.

Menggunakan metode wawancara dan analisis lapangan selama 40 hari, kami menemukan bahwa ada faktor kompleks berketerkaitan hingga menghambat pendidikan siswa SD Dusun Pancerwetan, baik dari faktor sekolah, masyarakat, hingga peran orang tua.

Permasalahan strukturalis seperti pendidikan butuh waktu yang sangat lama dan dukungan dari banyak pihak untuk diperbaiki. Program penyuluhan kepada siswa secara berkala adalah salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengawali perbaikan masalah utama yang terdapat pada Siswa SD Dusun Pancerwetan.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Annisa Febriyanti, Nur Neila Purnamasari, Lutfi Rahman Thabrani, & M. Sandi Marta. (2023). Jurnal Penyuluhan dan Pengajaran Siswa SD Dusun Pancerwetan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4), 262–277. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3118