Bimbingan Agama Melalui Tahsin Al -Qur'an Surat Al-Fatihah kepada Jamaah Masjid Miftahul Falah RW 04 Kampung Cikondang

Authors

  • Deni Baskara UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Faizal Aliffudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yaqsan Fauzan Ajriya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Qur’an, Bimbingan, keagamaan, Tahsin

Abstract

Peningkatan pembelajaran dalam kemampuan membaca Al-Qur’an bagi seluruh masyarakat perlu ditingkatkan tanpa terkecuali tidak cukup hanya belajar sendiri tanpa ada bimbingan dari orang lain yang berkomfetensi dalam bidang tersebut untuk mewujudkan pencapaian belajar yang lebih efektif. Para pengabdi mencoba mencari solusi permasalahan dalam bidang keagamaan yaitu adanya warga maupun anak-anak yang mengutamakan hafalan Al-Qur’an akan tetapi kurang dalam kemampuan membacanya dari segi makhrojul huruf beserta tajwidnya. Oleh karena itu, berangkat dari latarbelakang inilah para pengabdi mencoba untuk menyebarluaskan sisi bimbingan nilai-nilai keagamaan yang dapat dilaksanakan dengan cara apapun dan kapanpun. Salah satunya adalah dengan melalui bimbingan agama serta pelatihan tahsin Al-Qur’an surat al fatihah. Adapun bimbingan dalam ranah keagamaan dilatarbelakangi dengan keinginan warga rw 04 kampung cikondang yang meminta untuk melakukan pengembangan keagamaan. Dengan demikian perlu dirasa program bimbingan ini perlu dilakukan. Adapun pemilihan bimbingan yang berfokus pada pelatihan tahsin Al-Qur’an dikarenakan belajar al-qur’an adalah sebuah keharusan bagi selaku muslim yang baik. Selain itu, surat al-fatihah juga merupakan surat yang pertama dikenal manusia dan selalu dipakai atau dibacakan dalam semua kegiatan ibadah termasuk dalam sholat. Maka surat al-fatihah merupakan surat yang semua umat muslim kenal. Adapun metode yang digunakan untuk bimbingan tahsin Al-Qur’an surat al-fatihah yaitu menggunakan metode talaqqi dengan diskusi dan drilling yang diharapkan bisa lebih jauh memahami kaidah-kaidah tajwid yang terkandung di dalam surat Al-fatihah sedangkan dalam penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif berupa wawancara dan studi document dengan menemukan beberapa permasalahan berdasarkan fakta yang ada dilapangan. Adapun bimbingan belajar melalui tahsin ini terbukti efektif yang dapat dilihat dalam beberapa hal yaitu komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan masyarakat serta antusias terhadap materi yang disampaikan.

References

Abbas, R, M S Mat Jusoh, and S F Ghazali. “Kefasihan Bacaan Al-Fatihah: Analisis Dalam Kalangan Pelajar Kejuruteraan.” Journal of Islamic, Social, Economics and Development 7, no. 45 (2022): 156–65. https://doi.org/10.55573/JISED.074513.

Annuri, H. Ahmad. Panduan Tahsin Tilawah Al-qur'an & Ilmu Tajwid. Pustaka Al-Kautsar, 2020.

Ustadz Nik Bakri Bin. 55 kesalahan sebutan dalam bacaan surat Al-fatihah. Al-Baasatih Resource, 2007 : Malaysia

Mujahidin, E., Daudin, A., Nurkholis, I. I., & Ismail, W. (2020). Tahsin Al-Qur'an untuk orang dewasa dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 26-31.

Zakiyah, Fitri, Ika Wahyuni Lestari, and Moh Idris. "Pelatihan Tahsin Al-Qur’an bagi Jamaah Masjid Al Ma’un Minggiran Yogyakarta."

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Baskara, D., Aliffudin, F. ., Fauzan Ajriya, Y. ., & Hidayat, W. (2023). Bimbingan Agama Melalui Tahsin Al -Qur’an Surat Al-Fatihah kepada Jamaah Masjid Miftahul Falah RW 04 Kampung Cikondang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4), 278–287. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3095