Upaya Pencegahan Stunting Sejak Dini melalui Pemberian Edukasi dan Penerapan Pola Hidup Bersih di Posyandu Fajar

Authors

  • Arabella Shaneta UIN SUNAN GUNUNG DJAJI BANDUNG
  • Putri Indriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Riseu Ayu Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Stunting, Anak Balita, Pola Hidup Bersih dan Sehat, Penyuluhan

Abstract

Stunting merupakan masalah serius di Indonesia, terutama pada anak-anak balita. Kondisi ini terkait dengan kurangnya tinggi badan anak dibandingkan dengan anak sebaya, dengan dampak jangka panjang pada kesehatan dan perkembangan mereka. Penyebab stunting melibatkan faktor gizi, infeksi, sosial, dan lingkungan. Meskipun prevalensi stunting di Indonesia telah turun, tetap perlu perhatian serius. Upaya pencegahan melibatkan pendidikan, pelayanan kesehatan, dan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat. Penyuluhan tentang stunting dan pola hidup bersih dan sehat menjadi kunci dalam mengatasi masalah ini, terutama pada masa awal kehidupan anak. Artikel ini mencatat pelaksanaan program intervensi di Kampung Talun, Desa Batukarut, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang melibatkan masyarakat, mahasiswa, dan pemangku kepentingan lainnya. Saran untuk penelitian lanjutan termasuk pengukuran efektivitas program, pengembangan model edukasi yang lebih baik, pemahaman lebih mendalam tentang faktor penyebab stunting di wilayah tersebut, kolaborasi dengan pihak terkait, dan diseminasi hasil penelitian kepada pemangku kepentingan.

References

Agnoviardi, Violita, Rizkia Amatullah Ghaida, Martina Marta Lugasi, Satrio Pambudi, Muhammad Akhdan Kurnia, and Ali Noer Zaman. 2022. “PENTING ( PENDIDIKAN CEGAH STUNTING ) DI DESA MEKARJAYA, KECAMATAN RUMPIN, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT TAHUN 2022.” Semnaskat. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.

Aprizah, Asni. 2020. “Hubungan Karakteristik Ibu Dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS)Tatanan Rumah Tangga Dengan Kejadian Stunting.” Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA 4 (1): 2021.

Laili, Uliyatul, Ratna Ariesta, Dwi Andriani, Pemberdayaan Masyarakat, and ……… Dalam. 2019. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. Vol. 5.

Ramdhani, Awa, Hani Handayani, and Asep Setiawan. 2020. Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Stunting. SEMNAS LPPM.

Suharto, Diana Mayasari, and Reni Indriyani. 2018. “Stunting Faktor Resiko Dan Pencegahannya.” Agromedicine 5 (June).

Ulum, Rayhan Bakhrul, Uzmatul Ulya, Siti Munawaroh, Arini Nurillah Salsabila, and Sultonul Arif Assyauqi. 2023. “Implementasi Pola Hidup Sehat Pada Masyarakat Desa Banjarsari Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang Sebagai Upaya Penanggulangan Stunting.” JRCE (Journal of Research on Community Engagement) 4 (2): 93–101. https://doi.org/10.18860/jrce.v4i2.19871.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Arabella Shaneta, Indriyani, P. ., & Lestari, R. A. . (2023). Upaya Pencegahan Stunting Sejak Dini melalui Pemberian Edukasi dan Penerapan Pola Hidup Bersih di Posyandu Fajar . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 141–150. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3058