Pentingnya Pengenalan Calistung Terhadap Anak Usia Dini Oleh Pola Asuh Orang Tua Di Desa Cicangkanggirang

Penulis

  • Asla Zahid Hanifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Neng Bunga Tunggal Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ihsan Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pengenalan Calistung, Anak Usia Dini, Program KKN

Abstrak

Abstrak

Pengenalan calistung pada anak usia dini merupakan langkah penting dalam pembentukan dasar-dasar pendidikan anak. Program kuliah kerja nyata (KKN) yang melibatkan pola asuh orang tua dapat menjadi wadah yang efektif untuk mengenal konsep-konsep dasar ini kepada anak-anak. Artikel ini membahas pentingnya pengenalan calistung pada anak usia dini melalui peran orang tua dalam program KKN.  Pentingnya pengenalan calistung pada usia dini terletak pada kemampuan anak untuk mengembangkan keterampilan dasar seperti, membaca, menulis, dan berhitung. Calistung tidak hanya membantu anak dalam menyiapkan diri untuk pendidikan formal, tetapi juga dalam membangun kepercayaan diri, kreativitas, dan kemampuan pemecahan masalah. Orang tua memainkan peran sentral dalam memberikan fondasi ini, dan program KKN dapat menjadi platform yang ideal untuk melaksanakannya. Dalam menghadapi era informasi yang cepat, pengenalan calistung pada usia dini juga membantu anak-anak menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan akademik dan berkontribusi pada pengembangan potensi mereka secara keseluruhan. Oleh karena itu, program KKN yang mengedepankan pendekatan ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan anak dan keluarga.

 

Referensi

Armanullah, Gantjang. Potret Pendidikan Indonsia. Jakarta: Badan pusat Statistik, 2018.

Asiah, Nur. “Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Dasar, 5(1) 2019: 19-20.

Husni, nani. “Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Penddikan Anak, 7(1) , 2018: 30-33.

R.R Aliyah., Rahmawati. “Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiata Pendampingan Kegiatan .” Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(2) 2021: 663-676.

Sufa Faila Feri, Hery M. “Optimalisasi Peran Oran Tua Dalam Mengembangkan Potensi PAUD.” Jurnal Adiwidya, 2(2), 208: 84-86.

Sufa, F.F. “Memberikan Pemahaman Tentang Membaca Menulis Berhitung (Calistung) Kepada Orang tua Untuk Anak Usia Dini.” Journal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2020: 1-3.

Suprapto, A.A. “PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA KELOMPOK TK B USIA 5-6 TAHUN DI KB SURYA MARTA.” Pendidikan Guru PAUD S-1 10(1), 2021: 53-61.

U.D Fauziah, S. Anggraini. “Panduan Gerakan Literasi Sekolah Dasar.” Journal Of Chemical Information And Modeling, 2(3) 2020: 34-37.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-20

Cara Mengutip

Hanifah, A. Z., Putri, N. B. . T., & Hakim, I. (2023). Pentingnya Pengenalan Calistung Terhadap Anak Usia Dini Oleh Pola Asuh Orang Tua Di Desa Cicangkanggirang . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 264–276. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3021