Membentuk generasi moderat: Pemberian pembelajaran Moderasi Beragama dengan metode pembelajaran kooperatif pada institusi pendidikan di Desa Mangunjaya

Authors

  • Zidan Afdhalul Ihsaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deti Suryati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alfiana Sya'bani Ridwan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yunita Anggraeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN Sisdamas, Pendidikan, Moderasi Beragama

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah pendekatan komunitas yang bertujuan mengatasi permasalahan sosial melalui pendidikan. Penelitian ini mengeksplorasi dampak positif dari program KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang difokuskan pada pemahaman Moderasi Beragama pada peserta didik tingkat SDN Sirnajaya 01, MA Bina Negara, dan Madrasah Nurul Falah di dusun Janggol Desa Mangunjaya. Menggunakan metode pembelajaran kooperatif, program ini memfasilitasi diskusi kelompok dan membangun keterampilan sosial siswa. Materi pembelajaran dipilih dengan cermat, disesuaikan dengan tingkat perkembangan masing-masing peserta didik. Teknologi multimedia digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman Moderasi Beragama dan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan. Program KKN pendidikan ini berhasil membentuk generasi muda yang sadar, terbuka, dan mengamalkan ajaran agama secara moderat.

References

Ali, Ismun. 2021. “Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Mubtadiin 7 (1): 247–64. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82.

Mohammad Fahri, and Ahmad Zainuri. 2019. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar 25 (2): 99.

Siswa, Keaktifan Belajar. 2021. “MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA” 1 (1): 1–13.

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1 (1): 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.

Tambak, Syahraini. 2017. “Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan

Ilmu Pengetahuan 14 (1): 1–17. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1526.

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Ihsaan, Z. A., Suryati, D., Ridwan, A. S., & Anggraeni, Y. (2023). Membentuk generasi moderat: Pemberian pembelajaran Moderasi Beragama dengan metode pembelajaran kooperatif pada institusi pendidikan di Desa Mangunjaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 49–58. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3020