Peningkatan Minat Belajar Anak-Anak Di Lingkungan Kampung Cibolang Desa Karanganyar

Penulis

  • Celia Sandra Divanya Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ilwa Rahmadian
  • Sarah Apriliani
  • Erlan Aditya Ardiansyah

Kata Kunci:

Pendidikan, Minat Belajar, Pengajaran.

Abstrak

Pendidikan memiliki peranan yang penting untuk menjadi dasar majunya suatu bangsa juga sebagai panduan terhadap perkembangan seorang anak. Seiring berkembangnya zaman pada saat ini, begitu pula terjadi dalam sebuah pendidikan, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwasanya terdapat beberapa daerah yang memang belum sepenuhnya mengalami kemajuan dalam bidang pendidikan tersebut. Di Kampung Cibolang Desa Karanganyar masih terdapat banyak anak yang belum lancar membaca serta kurangnya minat untuk belajar dan juga minimnya pengetahuan dasar dalam pendidikan pada diri anak itu sendiri. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah memberikan pelayanan bimbingan belajar. Kegiatan pengabdian menggunakan metode pemberdayaan masyarakat, menggabungkan penelitian dan juga pengabdian Hal ini merupakan salah satu program penting, yang dilakukan dalam program ini yaitu melakukan pengajaran untuk meningkatkan pendidikan masyarakat yang pada dasarnya memang masih sangat kurang sekali pengetahuan pembelajaran di kampung Cibolang ini. Seluruh anak yang ikut serta dalam kegiatan pembelajaran yang diadakan dapat terbantu dalam proses pembelajaran dan timbulnya minat belajar. Kegiatan ini diharapkan dapat berdampak bagi ana-anak yang terlihat dari antusias dan semangat ketika mengikuti kegiatan belajar.

Referensi

Iskandar. Psikologi Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada Press, 2012.

Kpolovie. “Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towads School.” International Journal Of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 2014: 75.

Nashar. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam Kegiatan Pembelajaran . Jakarta: Delia Press, 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Sandra Divanya, C., Ilwa Rahmadian, Sarah Apriliani, & Erlan Aditya Ardiansyah. (2023). Peningkatan Minat Belajar Anak-Anak Di Lingkungan Kampung Cibolang Desa Karanganyar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2956