Pemanfaatan Tempurung Kelapa untuk Pembuatan Briket sebagai Pembaharuan Sampah di Kampung Cikebluk Desa Cikande Kecamatan Saguling

Authors

  • Rini Agustin UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Abdulah Safe’i UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Ayu Vidyasari UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Nenden Anggita UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Keywords:

Briket, Kelapa, Pengabdian, Pemberdayaan

Abstract

Indonesia merupakan negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Salah satu bagian dari kelapa yang dapat dimanfaatkan adalah buahnya. Buah kelapa dapat dikatakan sebagai bagian yang penting dari pohon kelapa karena memiliki nilai ekonomi dan gizi yang tinggi. Hal yang disayangkan dari pemanfaatan buah kelapa ini adalah menganggap tempurung kelapa sebagai limbah sisa. limbah tempurung kelapa dapat diolah menjadi beberapa produk, salah satunya adalah sebagai bahan pembuatan arang atau dikenal dengan sebutan briket. Disun Cikebluk, Desa Cikande Kecamatan Saguling Bandung Barat merupakan daerah yang di dalam terdapat banyak penjual es kelapa muda. Para penjual tersebut masih membuang limbah tempurung kelapa begitu aaja, sehingga terjadi penumpukkan. Oleh karena itu, tujuan dari penilitian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pemanfaatan limbah tempurung kelapa melalui pengenalan briket arang tempurung kelapa dan sosialisasi terkait peluang bisnis dari briket arang tempurung kelapa ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengabdian berbasis pemberdayaan moderasi beragama. Adapun hasil dari penelitian ini adalah masyarakat mendapatkan wawasan mengenai pembaharuan sampah, mningkatnya kesadaran masyarakat kampung Cikebluk terhadap lingkungan, meningkatnya minat masyarakat khususnya wirausahawan kampung Cikebluk untuk menjadikan pembarahuan sampah ini sebagai ide bisnis.

References

Aminullah, Aisyah, E., Mayangsari, S., Kadir, A., Dewi, N., Hasan, & Elihami. (2020). Peningkatan Produktivitas Kelapa Cocos Nucifera Masa Pandemi Covis 19 di Lingkungan Bua-Bua II Kelurahan Sipatokkong Kecamatan Watang Sawito. Maspul Journal of Community Empowerment, 52.

Arfadiani, D. (2018). Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Muda Melalui Pengembangan Desain Produk Alat Makan. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain.

Aryapranata, I., Yanti, R. N., & Ratnaningsih, A. T. (2022). Pemanfaatan Limbah Biomassa dari Kayu Karet dan Tempurung Kelapa menjadi Biobriket senagai Sumber Energi Terbarukan. Senkim: Seminar Nasional Karya Imiah Multidisiplin, 156.

Barlina, R. (2007). Pengaruh Perbandingan Air Kelapa dan Penambahan Daging Kelapa Muda Serta Lama Penyimpanan Terhadap Serbuk Minuman Kelapa. Jurnal Littri Vol.13 (12), 73-80.

Lubis, N. A., Lubis, M. M., & Harahap, G. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kelapa Muda (Coco Nucifera L.). Jurnal Agriuma, 104.

Setyowati, E., & Puspa, A. (2019). Rekayasa Pengolahan Limbah Batok Kelapa Sebagai Aksesoris Sanggul. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK), 119.

Sibarani, C., Silalahi, S. A., Armayanti, N., Sriwedari, T., & Suharianto, J. (2021). Limbah Tempurung dan Kulit Kelapa Muda Sebagai Alternatif Pengganti Polybag dan Briket Arang Ramah Lingkungan. Jurnal Amaliah, 147.

Trianingsih, N., & Noor, A. (2021). Valuasi Ekonomi Limbah pada Penjual Es Kelapa di Kecamatan Samarinda Ulu. Kinerja, 102.

Yuliah, Dzikri, M. A., Darmawan, E., & Yuliana, A. (2022). Pemanfaatan Tempurung Kelapa Menjadi Briket Arang Sebagai Bahan Bakar Alternatif. Indonesian Journal of Engangement Communiy Services, Empowerment and Development, 245.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Rini Agustin, Abdulah Safe’i, Ayu Vidyasari, & Nenden Anggita. (2023). Pemanfaatan Tempurung Kelapa untuk Pembuatan Briket sebagai Pembaharuan Sampah di Kampung Cikebluk Desa Cikande Kecamatan Saguling. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 275–285. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2927