Kkn Sisdamas: Upaya Meningkatkan Kualitas Akhlak Pada Anak Melalui Kegiatan Seminar Parenting

Authors

  • Muhammad Rizal Rabbani Uin Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Albar Ramadhan
  • Mirna Solehah
  • Hamdan Sugilar

Keywords:

KKN, Pendidikan Akhlakul Karimah, Seminar Parenting.

Abstract

Pendidikan akhlakul karimah pada anak hendaklah ditanamkan sejak kecil sehingga terbentuklah generasi yang lebih baik di masa depan. Salah satu faktor pendukung terbentuknya generasi yang baik adalah orang tua. Penyebab anak tidak memiliki perilaku yang baik adalah karena kurangnya perhatian dari orang tua dalam mendidik anaknya sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang kurang baik. Dalam tulisan ini peneliti memberikan solusi dari fenomena yang terjadi di masyarakat Desa Mekarmukti yakni dengan mengadakan seminar parenting yang berjudul “Menjaga Fitrah Anak Untuk Berakhlakul Karimah”. Metode yang digunakan KKN Reguler Sisdamas adalah pemberdayaan masyarakat dengan memadukan penelitian dan pengabdian. Adapun teori untuk mengelola program ini adalah dengan prinsip POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Sasaran penelitian adalah anak-anak yang belajar ilmu agama di Masjid Al-Falah Kampung Cisarongge Desa Mekarmukti. Tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk meningkatkan kesadaran orang tua mengenai betapa pentingnya membentuk akhlakul karimah pada anak-anak, memberikan pengenalan mengenai nilai-nilai akhlakul karimah kepada orang tua, serta memberikan arahan terkait strategi pendidikan akhlak. Adapun nilai-nilai penting yang diajarkan dalam seminar ini adalah nilai kerjasama keluarga, komunikasi terbuka, dll.

Author Biography

Mirna Solehah

  1.  

References

Asmaran. (1994). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT. Grafindo.

Baumrind. (1966). Effect of Authoritative Parental Control on Child Behavior, Child Development.

Hidayat, N. (2019). Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integritas Interkonektif Berbasis Pada Masyarakat Yang Produktif Inovatif Dan Kreatif. Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat , 2.

Lestari. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Erlangga.

Nurjati, D. (2017). Pemasukan Materi Literasi Keuangan Dalam Kurikulum Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sebagai Media Literasi Keuangan Pelaku UMKM. Prosiding Seminar Oendidikan Ekonomi dan Bisnis.

Saehu, A., & Nugraha, F. (2019). KKN SISDAMAS: OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGGUNAAN SMARTPHONE UNTUK MARKETPLACE. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 18.

Salehudin, A. (2017). Pelaksanaan KKN Berparadigma Integrasi-Interkoneksi dalam Menopang Transformasi Masyarakat (Sebuah Rintisan Pendekatan Participatory Action Research). Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 63-72.

Setiawan, E. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Kependidikan, 44.

Sugianto, H., & Djamaluddin, M. (2021). Pembinaan Al-Akhlaq Al-Karimah Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Journal of Islamic Education.

Terry, G. R. (2013). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Rabbani, M. R., Ramadhan, M. A., Solehah, M., & Hamdan Sugilar. (2023). Kkn Sisdamas: Upaya Meningkatkan Kualitas Akhlak Pada Anak Melalui Kegiatan Seminar Parenting. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2926