Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha pada Peserta Didik Kelas 1 MI Al-Farabi Kampung Batusari
Keywords:
Pembiasaan, Shalat Dhuha, Peserta Didik, Al-FarabiAbstract
Masa usia dasar adalah masa tepat untuk menanamkan suatu kebiasaan baru yang bisa berkelanjutan. Dalam hal ini, peserta didik kelas 1 MI Al-Farabi yang sedang melalui masa peralihan ke lingkungan MI yang baru juga sedang membiasakan diri dengan lingkungan dan aktivitas yang baru. Adanya serangkaian kegiatan rutin sholat Dhuha yang berjalan di sekolah menjadi jalan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual para siswa melalui pembiasaan. Pembiasaan adalah sebuah proses untuk membiasakan peserta didik di dalam menerapkan tindakan atau sikap yang sesuai dengan kebiasaan yang diajarkan di masyarakat atau sekolah. Seperti halnya pembiasaan sholat Dhuha yang dilakukan di Al-Farabi khususnya kelas 1 MI dapat berdampak pada peserta didik yang menunjukkan hal-hal positif dalam kehidupan sehari-hari. Metode pengabdian yang digunakan yaitu metode pendampingan dengan instrumen penelitian untuk pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Hasil program ini menunjukkan bahwa dampak pembiasaan sholat dhuha terhadap peserta didik kelas 1 MI Al-Farabi diantaranya peningkatan kesadaran dalam melaksanakan ibadah, peningkatan kemandirian, serta peningkatan disiplin. Dengan demikian, pembiasaan yang tertanam sejak dini akan menghasilkan dampak positif untuk peserta didik ke jenjang yang lebih dewasa.
References
Andiarini, S., Arifin, I., & Nurabadi, A. 2018 Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 1 No.2: 238-244. http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22018p238.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher.
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lusi, S.V. 2017. Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter AUD di TK Bhakti II Ar-Rusydah. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Sabela, R., Oktaviani, T., & Saryanto. 2022. Pendampingan Belajar dan Efektifitas Pendampingan Belajar Siswa di Masa Peralihan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 No.1: 32-39. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.8
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Zaedi, M., & Redha, D.R. 2019. “Analisis Model Pembelajaran Berkarakter Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam (Studi Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif E. Mulyasa)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 5 No.2: 20-39. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.105
Zain, A. 2018. Strategi Pengembangan Ibadah Agama di Paud Widya Dharma Kota Banjarmasin. JEA (Jurnal Edukasi AUD) 4 No. 2: 97-109. doi: http://dx.doi.org/10.18592/jea.v4i2.2567
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shephia Anggraini, Esin Siti Kurniasih, Muhammad Fakhri Asshiddiq, Muhammad Sofyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.