Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Dalam Membentuk Generasi Unggul Di Dusun Bendosari

Authors

  • Zahra Halifah Hendri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aniq Aljuman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aris Munandar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syafa Salsabillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deni Miharja UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ali Maskur

Keywords:

KKN Kolaboratif, Pendidikan, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Generasi unggul dapat terbentuk melalui proses pendidikan yang berkualitas hal ini dapat dilakukan melalui berbagai macam metode pembelajaran. Mahasiswa KKN Kolaboratif dalam negeri melakukan berbagai upaya dalam membentuk generasi unggul di dusun bendosari. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat sebagai wujud nyata dari tridharma perguruan tinggi yang menciptakan pendidikan, penelitian dan pengabdian. Penelitian ini akan berfokus pada berbagai upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Kolaboratif dalam memaksimalkan potensi setiap anak-anak yang ada di dusun bendosari dengan membagi persoalan yang muncul menjadi tiga bidang yakni pendidikan keagamaan, sosial dan kesehatan yang ada di masyarakat bendosari. Metode pengabdian yang dilakukan menggunakan metode sisdamas atau berbasis pada pengabdian masyarakat. Adapun hasil dari program yang dilakukan bidang pendidikan keagamaan diantaranya pendampingan belajar anak usia dini sampai SMA, pelatihan tari tradisional, dan pembelajaran TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an), bidang sosial mengadakan sosialisasi anti kekerasan terhadap anak, bidang kesehatan mengadakan posyandu, penyuluhan kesehatan reproduksi dan pemberian makanan tambahan untuk anak.

References

Abidin, A. M. (2019). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 570-582.

Desi Pristiwanti, B. B. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling , 7911-7915.

Dinda Nur Afifah, K. .. (57-67). Membedah pemikiran maria montessori pada pendidikan anak usia dini. pedagogi: jurnal anak usia dini dan pendidikan anak usia dini , 2020.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam , 129-135.

Hidayatu Munawaroh, N. K. (2022). peranan orang tua dalam pemenuhan gizi seimbang sebagai upaya pencegahhan stunting pada anak usia 4-5 tahun. sentra cendekia, 47-60.

kadek sri ariyanti, m. d. (2019). penyuluhan kesehatan reproduksi remaja untuk meningkatkan pengetahuan siswa di smp neegri 3 selemadeg timur. indonesian journal of community empowerment (IJCE), 7-11.

subardin AB, H. P. (2020). pengetahuan dan sikap ibu balita tentang manfaat posyandu di desa talaga kecamatan dampelas kabupaten donggala. jurnal ilmiah kesmas, 57-63.

Syarif, M. (2023). perkembangan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual anak. jurnal pendidikan dan pengajaran, 31-42.

Wahyu Pramono, D. H. (2023). sosialisasi pencegahan kekerasan seksual di lingkungan sekolah menengah atas negeri 15 padang. warta pengabdian andalas, 124-135.

Zulfiati, H. M. (2019). pendidikan karakter perspektif ki hadjar dewantara dalam membentuk generasi unggul era revolusi industri 4.0. prosiding seminar nasional PGSD , 1-6.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Zahra Halifah Hendri, Aljuman, A. ., Aris Munandar, Syafa Salsabillah, Deni Miharja, & Ali Maskur. (2023). Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Dalam Membentuk Generasi Unggul Di Dusun Bendosari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2914