Rekontruksi Skematis Masyarakat Pangadangan Dalam Krisis Kesadaran Lingkungan Hidup (Studi Kasus Peran Pengabdian KKN Reguler Sisdamas Kelompok 397 di Dusun Pangadangan Desa Rancasari Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang)

Authors

  • Rephiany Nur Afifah UIN Sunan Gunung Djati
  • Muhamad Ramdani Khoerul Anam
  • Riska Apriliani Amalia
  • Cecep Nurul Alam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

lingkungan hidup, masalah, manusia, pengabdian

Abstract

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Masalah-masalah lingkungan yang terjadi tentunya disebabkan oleh dua faktor, yaitu alami dan buatan (manusia) yang tidak memiliki rasa tanggungjawab kepada lingkungannya. Maka dari itu, tujuan pengabdian kami selaku tim KKN Kelompok 397 UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Dusun Pangadangan ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan hidup. Dengan menggunakan metode penelitian jenis deskriptif kualitatif yang termasuk dalam kategori penelitian lapangan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program. Dengan hasil akhir berhasil dibuktikan oleh beberapa program kerja yang telah dilakukan yakni menjadikan area tanah sekitar irigasi sebagai lahan pertanian, pemasangan pot untuk menghindari erosi, pengecetan ulang jembatan, dan membuat gapura guna memperindah suasana lingkungan.

Kata Kunci: lingkungan hidup, masalah, manusia, pengabdian.

References

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah. 2011. Teologi Lingkungan, Etika Pengelolaan Lingkungan dalam Perspektif Islam. Jakarta: Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Majalah Serasi. Edisi 02/2009.

Maridi. 2015. Mengangkat Budaya dan Kearifan Lokal dalam Sistem Konservasi Tanah dan Air. Pemakalah Utama 4. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS: 20-39.

Maryaeni. (2005). Metode Penelitian Kebudayaan. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Skripsi dan Tesis. Suaka Media.

Suyatman, Ujang. (2018). Teologi Lingkungan dalam Kearifan Lokal Masyarakat Sunda. Jurnal al-Tsaqafa. Volume 15, No. 01 Hal 77-88.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Rephiany Nur Afifah, Muhamad Ramdani Khoerul Anam, Riska Apriliani Amalia, & Alam, C. N. . (2023). Rekontruksi Skematis Masyarakat Pangadangan Dalam Krisis Kesadaran Lingkungan Hidup (Studi Kasus Peran Pengabdian KKN Reguler Sisdamas Kelompok 397 di Dusun Pangadangan Desa Rancasari Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 333–343. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2886