Pentingnya Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Arab di Kampung Selaawi Desa Wangunsari
Keywords:
Bahasa Arab, Kemampuan berbahasa, Bimbingan belajarAbstract
Bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak menyandang atribut. Selain merupakan bahasa kitab suci al-Qur‘an dan Hadis, Bahasa Arab adalah bahasa agama untuk umat Islam, bahasa resmi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), bahasa nasional lebih dari 25 negara di kawasan Timur Tengah, lughah al-dhâd, dan bahasa warisan sosial budaya (lughah al-turâts). Anak-anak di Kampung Selaawi desa Wangunsari beranggapan bahwa Bahasa Arab sulit dipahami. Kurangnya motivasi kesadaran terhadap pentingnya Bahasa Arab adalah salah satu faktor anak kurang minat terhadap Bahasa Arab. Kesadaran yang minim terhadap pentingnya belajar Bahasa Arab bagi anak-anak serta kurangnya jam pelajaran Bahasa Arab yang diajarkan di sekolah membuat mereka butuh belajar tambahan untuk lebih paham lagi tentang Bahasa Arab. Maka dari itu kami Bimbingan Belajar bahasa Arab dan inggris agar anak-anak di Kampung Selaawi desa Wangunsari bisa mendapatkan pemahaman yang lebih tentang Bahsa Arab. Metode yang dilakukan dalam penelitaian ini adalah Metode Sisdamas dimana melalui 4 tahapan siklus, dari mulai siklus I sampai siklus IV. Hasil dari penelitian ini adalah berupa Bimbingan yang dilakukan di Kampung Selaawi desa Wangunsari guna meningkatkan pemahaman serta kesadaran anak-anak tentang pentingnya belajar Bahasa Arab dimana program tersebut bisa dikatakan berhasil dengan ciri anak-anak di desa Wangunsari kecamatan Sindangkerta kabupaten Bandung Barat mulai paham Bahasa Arab baik dari pemahaman kosa kata, cara berbicara serta kesadaran dan minat yang tinggi untuk belajar Bahasa Arab.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Widia Alpiyani, Hamidudin Nasir, Kiki Jolekha, Bayti Nurfadhilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.