Menggali Makna dan Relevansi Filsafat dalam kehidupan Masyarakat di Desa Singajaya Cihampelas Dusun IV

Authors

  • Sarika Sandi Mahasiswa

Keywords:

Sosialisasi,seminar,taman baca,mengajar

Abstract

Abstrak

Filsafat adalah suatu disiplin ilmu yang berusaha untuk memahami dan merenungkan berbagai pertanyaan mendasar tentang eksistensi, pengetahuan, etika, realitas, dan nilai-nilai. Filsafat mencari pemahaman mendalam tentang hakikat dunia dan manusia melalui pertimbangan logis dan kritis.Pemahaman filsafat yang tumbuh di masyarakat dapat bervariasi tergantung pada budaya, pendidikan, dan pengalaman individu. Masyarakat perlu filsafat untuk berfikir kritis Beberapa masyarakat mungkin mengutamakan aspek kehidupan spiritual dan etika dan itupun bagian dari berfilsafat. Adapun yang penulis mengangkat tema ini guna meningkatkan kesadaran pentingnya berfikir kritis, adapun pendekatan yang penulis gunakan adalah Dengan sosialisasi bersama perangkat desa, tokoh masyarakat, dan warga Desa Singajaya Dusun IV. Perencanaan program kerja yang penulis dan kelompok KKN 259 lakukan berdasarkan Pada siklus KKN Sisdamas Moderasi Beragama yang terdiri dari empat siklus. Salah satunya Melakukan sosialisasi dengan Masyarakat Desa Singajaya Dusun IV. Adapun penulis dan kelompok KKN 259 mengadakan acara untuk menambah pengetahuan penting mengenai kesehatan dan kebahagiaan didalam keluarga dan bermasyarakat, yaitu kegiatan “Seminar Ubah Sampah Jadi Berkah” . Upaya penulis dan kelompok KKN 259, selain meningkatkan berfikir kritis tentang kesehatan, kami melakukan pendekan lain melalui mengajar membaca, dan mengajar mengaji hingga meningkatkan minat baca dan belajar siswa dan siswi Desa Singajaya Dusun IV.

  Adapun saran untuk masyarakat Desa Singajaya Dusun IV ini adalah memanfaatkan barang maupun pengetahuan yang kita berikan guna meningkatkan kualitas hidup dari segi kesehatan, perkonomian dan kebahagiaan.

 

References

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Sandi, S. . (2023). Menggali Makna dan Relevansi Filsafat dalam kehidupan Masyarakat di Desa Singajaya Cihampelas Dusun IV . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 420–430. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2870