3 DAMPAK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TERHADAP KONDISI SOSIAL MASYARAKAT DI DESA SITUWANGI, KECAMATAN CIHAMPELAS, KABUPATEN BANDUNG BARAT, JAWA BARAT

Authors

  • Fadya Zalfa Herdian UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rifan Ifkar Ashshiddiqie UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rivalni Okatviani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • T.Tutut Widiastuti. A, M.Pd. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Desa Situwangi, Dampak pembangunan, Pembangunan jalan kabupaten

Abstract

Pembangunan jalan kabupaten di Desa Situwangi merupakan tanggung jawab pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat, yang didasarkan pada usulan dari masyarakat. Proyek ini berhasil diselesaikan dengan cepat, yakni sepanjang 700 m dalam waktu yang singkat. Informan dalam penelitian ini mengetahui adanya sosialisasi pembangunan infrastruktur di pedesaan dan mencatat bahwa aparat desa dan masyarakat berperan aktif dalam proses pembangunan tersebut. Pembangunan jalan ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan bermula dari usulan mereka.

Meskipun pembangunan jalan membawa dampak positif terhadap perkembangan Desa Situwangi, seperti meningkatkan perekonomian dan memperlancar aktivitas keseharian, juga ada dampak negatif, seperti gangguan selama proses pembangunan dan peningkatan polusi udara. Infrastruktur yang baik, termasuk jalan, memiliki dampak positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memperkuat ikatan sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pembangunan infrastruktur jalan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Situwangi, Kabupaten Bandung Barat, dan mengidentifikasi bahwa jalan memiliki peran penting dalam aktivitas masyarakat, terutama dalam pertukaran ekonomi. Dengan demikian, pembangunan jalan di Desa Situwangi dianggap penting karena meningkatkan aksesibilitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa, sekaligus menunjukkan peran penting pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui perbaikan infrastruktur.

References

Anggraeni, "Dampak Pembangunan Jalan Desa Terhadap Kondisi Sosial Masyarakat." Jurnal Pemberdayaan Komunitas Mh Thamrin 3, no. 2 (2021)

Asjhari, A., "Pengukuran Tingkat Partisipasi Masyarakat Desa Cibedug." Jurnal Sosek Pekerjaan Umum 5, no. 2 (2013): 76-139.

Nadzir, M., “Metode Penelitian” 8, (2013): 57

"Profil Desa Situ Wangi." 2020.

Sasmito, C. "Implementasi Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa." Jisip: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 6, no. 3. (2017)

Sugiyono, “Memahami Penelitian Kualitatif” 4, (2008): 68

Suprayogo, et al., “Metodologi Penelitian Sosial-Agama” 2, (2003): 63

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Herdian, F. Z., Rifan Ifkar Ashshiddiqie, Rivalni Okatviani, & T.Tutut Widiastuti. A, M.Pd. (2024). 3 DAMPAK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TERHADAP KONDISI SOSIAL MASYARAKAT DI DESA SITUWANGI, KECAMATAN CIHAMPELAS, KABUPATEN BANDUNG BARAT, JAWA BARAT. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 24–35. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2828

Issue

Section

Articles