5 Simulasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas 9 MTS Al-Mukhtariyah Mande Demi Terciptanya Revitalisasi Karakter Pelajar Era 4.0
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Revitalisasi Karakter Pelajar, MTS AL-Mukhtariyah MandeAbstract
Artikel ini membahas tentang simulasi penerapan kurikulum merdeka di MTs Al-Mukhtariyah Mande. Simulasi ini dituangkan ke dalam program kerja kelompok 255. Dilaksanakannya program ini sebagai upaya mendukung tercapainya visi desa Mekarmukti dan dilatar belakangi oleh belum diterapkannya kurikulum merdeka di MTS Al-Mukhtariyah Mande. Simulasi ini bertujuan untuk membentuk karakter dan kesiapan para generasi muda serta terciptanya revitalisasi karakter pelajar di desa Mekarmukti dalam menghadapi era 4.0. dengan sasaran program yakni siswa siswi kelas 9 di Mts Al-Mukhtariyah Mande. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi dan berbasis pemberdayaan masyarakat. Hasil dari program ini adalah terlaksananya simulasi implementasi kurikulum Merdeka berupa pembelajaran di kelas untuk mata Pelajaran PKN dan seminar revitalisasi pendidikan. Namun setelah dilakukan analisis, simulasi kurikulum merdeka berupa pembelajaran di kelas belum optimal karena kesiapan tenaga pendidik, siswa, dan perangkat pembelajaran yang belum maksimal.
References
Bunga Nabilah, Supratman Zakir, Eny Murtiyastuti, and Ramadhanu Istahara Mubaraq. “Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP.” PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 1 (2023): 110–19. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i1.97.
Irayanti, Irma, and Dadang Sundawa. “Children See , Children Do: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Moral Pancasila.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 3 (2023): 3057–66. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4362.
Koroh, Lanny ID, Hendrik AE Lao, Ezra Tari, and Martin Ch Liufeto. “Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Muhammadiyah Ende.” Jurnal Nauli 2, no. 1 (2022): 10–16. https://doi.org/10.1234/jurnal.
Marisa, Mira. “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0.” Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora) 5, no. 1 (2021): 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN.
Nugraha, Tono Supriatna. “Inovasi Kurikulum,” 2022, 250–61.
Rosa, Nikita. “Apa Itu Kurikulum Merdeka? Ini Pengertian & Prinsip Pembelajarannya,” 2023.
Saadah, Siti, and Muhamad Matin Shopwan Amarullah. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Bandung.” Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2023): 858–68.
Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi HAdiyansah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” JURNAL BASICEDU 6 (2022).
Susiani, Ika Wahyu. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo.” Proceeding of the 3rd International Conference on Islamic Studies (ICIS) 3 (2022): 296–306.
Yamin, Muhammad, and Syahrir Syahrir. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6, no. 1 (2020): 126–36. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Delisa Rismaya, Arindhini Amalia, Saepul Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.