12 Kontribusi Pendidikan Etika dan Moral Keagamaan dalam Upaya Peningkatan Toleransi di Kalangan Siswa dan Siswi SDN Sukamulya

Authors

  • Arip Budiman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Dzikri Galih Kawening UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Retno Indah Kartika Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saidah Nurjanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kata Kunci : KKN Sisdamas, Etika, Moral, Toleransi.

Abstract

Abstrak

KKN Sisdamas adalah program Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan secara langsung di lokasi yang telah ditetapkan, dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat. Kegiatan KKN Sisdamas ini mengintegrasikan pembelajaran sosial bagi peserta KKN yaitu pengabdian kepada masyarakat serta penelitian sosial melalui berbagai tahapan dalam proses pemberdayaan. Kegiatan penyuluhan terkait permasalahan di bidang pendidikan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan etika dan moral dalam meningkatkan pemahaman etika dan moral di kalangan siswa dan siswi SDN Sukamulya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Metode yang diterapkan sesuai dengan pedoman yang tercantum dalam Juknis. Khususnya dalam KKN Sisdamas, terdapat empat siklus atau tahapan yang harus dilalui selama pelaksanaan KKN, yaitu: Observasi lapangan, Siklus I: Refleksi atau Pemetaan Sosial, Siklus II: Penyusunan Program, Siklus III: Pelaksanaan Program, Siklus IV: Evaluasi dan Pelaporan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program yang dilaksanakan berhasil dalam meningkatkan pemahaman etika dan moral siswa di SDN Sukamulya serta dapat berpotensi menjadi budaya yang turun temurun di desa Bongas. Maka, kami sebagai mahasiswa dalam Kelompok 318 yang menjalankan KKN dapat memastikan bahwa KKN berjalan dengan efektif dan sesuai dengan tujuan awalnya. Karena pada akhirnya, KKN sendiri bertujuan untuk memberikan manfaat yang nyata kepada masyarakat sekitarnya.

Kata Kunci : KKN Sisdamas, Etika, Moral, Toleransi.

References

Abidin, Mustika. “Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 1, Agustus 2021, 2021.

Hanafi. “Urgensi pendidikan Adab Dalam Islam.” Jurnal Kajian Keislaman, Vol. 4, No. 1 Januari-Juni 2017, 2017: 59-78.

Machsun, Toha. “Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan.” Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, Juli-Desember 2016, 2016.

Muhammad Kunia, Ilham Jaya, Abd. Rasyid Jalil, Nosakros Arya, Samsuddin, m. Ilham, Fikrang, M. Ashari, Kasruddin, Nanda N.A, Eka A.J, Brigita F.R.R, Nesyi S, Fajar, M Zulfikar, Taufiq R, Ulfah R, Zulfikar, Bintang M.P, M. Abdi A.N, Ahwal H.Am, M. AlimR. “KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, Vol. 1, No. 1, April 2020, 2020.

Rukiyati. “Pendidikan Moral Di sekolah.” Jurnal Humanika, Vol. 18, No. 1, Maret 2017, 2017.

Taher, Andi. “Pendidikan Moral Dan Karakter: Sebuah Panduan.” Jurnal Studi Keislaman, Vol. 14, No. 2, Desember 2014, 2014.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Budiman, A., Galih Kawening, M. D., Kartika Putri, R. I., & Nurjanah, S. (2024). 12 Kontribusi Pendidikan Etika dan Moral Keagamaan dalam Upaya Peningkatan Toleransi di Kalangan Siswa dan Siswi SDN Sukamulya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 118–130. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2763

Issue

Section

Articles