5 INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM MENINGKATKAN LINGKUNGAN YANG RELIGIUS DAN TOLERAN DI MTsN 2 BANDUNG BARAT
Keywords:
Moderasi Beragama, Lingkungan, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini memberikan pandangan mengenai lingkungan yang lebih inklusif, harmonis, dan damai dimana individu maupun kelompok dapat hidup bersama dan saling menghormati. Melihat kondisi di lembaga pendidikan desa batulayang ternyata kurangnya motivasi terhadap aktivitas pndidikan yang massif kontribusi siswa, pemahaman tentang moderasi yang tabu dikalangan pelajar, ditambah dengan pengaruh pergaulan remaja dan kontribusi tenaga pendidik yang kurang massif dalam mengelola lingkungan sekolah yang religious, hal ini disebabkan oleh beberapa factor seperti factor ekonomi, factor lingkungan, dan factor internal lemabaga pendidikan. Dengan adanya moderasi beragama bisa menjadi suatu pendekatan dalam praktik beragama yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa toleran dan pemahaman antara individu dan kelompok yang memiliki keyakinan yang berbeda. Studi penelitian ini menggunakan dan pengembangan pendekatan dengan campuran desain metode penelitian berbasis sisdamnas yang berisi Siklus I (refleksi sosial) dan Siklus II (perancangan), dan Siklus III (pelaksanaan) dengan metode diskusi. Penanaman nilai-nilai moderasi Beragama ini sangat penting dipahamkan karena dapat di integrasikan ke dalam sistem pendidikan formal ataupun bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini yaitu berupa respon positif dari para peserta didik yang sadar akan penting nya toleransi sehingga dapat menciptakan lingkungan yang religious.
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Lingkungan, Peserta Didik
References
Assegaf, R. (2010). Pendidikan Islam Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kautsar, M. S. (2021). MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Jurnal Moderasi Beragama, 121-150.
Muhammad, F. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal Intizar, 25.
Rahmani. (2021). “Moderasi Beragama di Desa Sarang Ginting. Jurnal Al-Amin, Volume 4 Nomor 2.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 324-348.
Wija. (2021). Tantangan Moderasi Beragama di Indonesia. Jakarta: Binangkit.
Zamroji, N. (2021). Model Moderasi Beragama di Desa Sidodadi. jurnal Riset dan Konseptual, Volume5Nomor 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Firmansyah Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.