6 PERAN PENTING METODE BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB PADA ANAK

Authors

  • Iyul Julpadlillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kata Kunci: Bahasa Arab, Kemampuan Berbahasa, Bimbingan Belajar

Abstract

Abstrak

Bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak menyandang atribut. Selain merupakan bahasa kitab suci al-Qur‘an dan Hadis, bahasa Arab adalah bahasa agama untuk umat Islam, bahasa resmi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), bahasa nasional lebih dari 25 negara di kawasan Timur Tengah, lughah al-dhâd, dan bahasa warisan sosial budaya (lughah al-turâts). Anak-anak di Dusun 3 Desa Batulayang beranggapan bahwa Bahasa Arab sulit dipahami. Kurangnya motivasi kesadaran terhadap pentingnya Bahasa Arab adalah salah satu faktor anak kurang minat terhadap Bahasa Arab. Kesadaran yang minim terhadap pentingnya belajar Bahasa Arab bagi anak-anak serta kurangnya jam peljaran Bahasa Arab yang daiajrkan di sekolah maembuat mereka butuh belajar tambahan untuk lebih paham lagi tentang Bahasa Arab. Maka dari itu kami  Bimbingan Belajar bahsa Arab agar anak-anak di Dussun 3 , Desa Batulayang bisa medndapatkan pemahaman yang lebih tentang Bahsa Arab. Metode yang dilakukan dalam penelitaian ini adalah Metode Sisdamas dimana melalui 4 tahapan siklus, dari mulai siklus I sampai siklus IV. Hasil dari penelitian ini asdalah berupa Bimbingan yang dilakukan di Dusun 3 Desa Batulayang guna meningkatkan pemahaman serta kesadaran anak-anak tentang pentingnya belajar Bahsa Arab dimana program tersebut bisa dikatakan berhasil dengan ciri anak-anak di Dusun 3 Desa Batulayang mulai paham Bahsa Arab baik dari pemahaman kosa kata, cara berbicara serta kesadaran dan minat yang tinggi untuk belajar Bahsa Arab.

Kata Kunci: Bahasa Arab, Kemampuan Berbahasa, Bimbingan Belajar

 

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Julpadlillah, I. (2024). 6 PERAN PENTING METODE BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB PADA ANAK. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 57–66. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2752