9 Kontribusi Mahasiswa KKN Dalam Membantu Proses Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka MA Nurul Falah Desa Bandasari

Penulis

  • Asvina Putrianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salsabila
  • Sendratari Talita

Kata Kunci:

KKN, Pramuka, Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Artikel ini membahas mengenai program pemberdayaan masyarakat, khususnya program KKN Sisdamas di Desa Bandasari, dengan penekanan pada langkah-langkah yang terstruktur dalam pengelolaannya. Penelitian ini menekankan pentingnya perencanaan partisipatif, kolaborasi dengan sekolah MA Nurul Falah, dan rangkaian proses KKN yang mencakup identifikasi masalah, sosialisasi, perencanaan program, serta pelaksanaan dan evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan keterampilan dan karakter siswa anggota ekstrakurikuler Pramuka, menggambarkan kontribusi positif program pemberdayaan masyarakat terhadap pendidikan dan pengembangan karakter di Desa Bandasari.

Referensi

Harmasto. 2020. “Administrasi Membina Pramuka Penggalang.” 11-12. Jakarta: Guepedia.

Heksa, Afrita. 2021. “Ekstrakurikuler IPA Berbasis Sainpreneur.” 30. Sleman: Deepublish.

Puspitasari. 2023. “Managemen Ektrakurikuler Pramuka.” 13. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Raharjo, Syatibi Rahmat. 2013. “Pengembangan dan Inovasi Kurikulum.” Yogyakarta: Azzagrafika.

Yudiyanto, Mohamad. 2021. “Revitalisasi Peran Ekstrakurikuler Keagamaan di SekolahOleh Mohamad Yudiyanto.” 12. Sukabumi: Farha Pustaka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Putrianti, A., Salsabila, & Talita, S. (2024). 9 Kontribusi Mahasiswa KKN Dalam Membantu Proses Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka MA Nurul Falah Desa Bandasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 86–96. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2750

Terbitan

Bagian

Articles