15 Meningkatkan Kesadaran Dan Sosialisasi Pengadaan Tempat Sampah Di Desa Tenjolaya Rw 17

Authors

  • Mohammad Zeny Alamsyah UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Abstract

Lingkungan merupakan elemen penting bagi manusia untuk menjalankan kehidupannya, tentu dengan kondisi lingkungan yang bersih akan berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat sekitar khususnya di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung tepatnya di Rw 17 yang mana kami sebagai mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kami di lokasi tersebut dengan membantu mengatasi masalah-masalah yang terjadi di Rw 17 Tenjolaya salah satunya terkait sampah yang masih saja berceceran di lingkungan sekitar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kembali rasa tanggung jawab bagi setiap warga terhadap pentingnya untuk menjaga kebersihan demi mendapatkan lingkungan yang sehat, bersih dan aman. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. berdasarkan dari informasi yang kami dapatkan mengenai sebab terjadinya kondisi lingkungan yang ada di Rw 17 ini tidak terkontrol dikarenakan adanya kesibukan pekerjaan dari setiap warga yang mengakibatkan kurang berjalannya kegiatan gotong royong yang sudah terjadwalkan di setiap hari jum’at dan belum adanya tempat penampungan sampah. hasil serta kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya upaya dari kami sebagai mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menggerakkan kembali antusias para warga dalam menjalankan kembali salah satu program rutinan yaitu jumsih (Jumat bersih) serta membantu menyediakan bak sampah disetiap rt yang ada di rw 17 sebagai sebuah alternatif dalam penanganan sampah di lingkungan sekitar.

References

Asteria, D., & Heruman, H. (2016). Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Tasikmalaya (Bank Sampah (Waste Banks) as an alternative of community-based waste management strategy in Tasikmalaya). Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 23(1), 136–141.

Saputro, Y. E., Kismartini, K., & Syafrudin, S. (2016).

Pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah. Indonesian Journal of Conservation, 4(1).

INLINE CITATION Asteria, D., & Heruman, H. (2016). Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Tasikmalaya (Bank Sampah (Waste Banks) as an alternative of community-based waste management strategy in Tasikmalaya). Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 23(1), 136–141.

BIBLIOGRAPHY Saputro, Y. E., Kismartini, K., & Syafrudin, S. (2016). Pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah. Indonesian Journal of Conservation, 4(1).

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Alamsyah, M. Z. (2024). 15 Meningkatkan Kesadaran Dan Sosialisasi Pengadaan Tempat Sampah Di Desa Tenjolaya Rw 17. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 148–157. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2604

Issue

Section

Articles