Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Rw.03, Kelurahan Sumur Batu, Kota Bekasi

Authors

  • Ahmad Farid Adya Putra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farrany Alifia Ramadhani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nisrina Rasna Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zhilal Yadimi A UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zikri Imanudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Di RW.03 Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi ini memiliki kesadaran individu yang kurang pentingnya mengikuti program wajib belajar selama 12 tahun dari pemerintah. Hal itu disebabkan oleh kurangnya kepedulian dari para orang tua dan motivasi dalam diri anak-anak diwilayah tersebut, terlebih kebanyakan mereka tidak mampu untuk mencukupi biaya operasional dalam mengikuti program wajib belajar 12 tahun. Oleh karena itu kami memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian para orang tua dan motivasi dalam diri anak untuk memenuhi wajib belajar 12 tahun. Kami melakukan pemberian materi pada tempat-tempat pembelajaran di wilayah tersebut dan meningkatkan sdm melalui karang taruna setempat. Hasil dari kegiatan kami terlihat dari masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya mengikutin program wajib belajar 12 tahun dari pemerintah, dan meningkatnya sdm pada karang taruna wilayah tersebut.

References

Arikunto Suharsimi, 1998. Penilaian Program Pendidikan.Yogyakarta: PT Bina Aksara

Aulia Sitta, 2013.“Studi Tentang Pelaksanaan Wajib Belajar 12 Tahun di Kota Surabaya Pada Tingkat Pendidikan Menengah dan Kejuruan” tahun (Jurnal).

Budi Sabar R (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. “Vol. 16”. hlm. 231-232.

Muryadi Dwi Agustanico,2017. “Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi”, Jurnal ilmiah Penjas, Vol 3 No.1.

Nurul Miftah A, Wiliah Ade & Rahmawati Nia (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains. “Vol. 02”. hlm. 36.

Sudjana Djuju, 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi M.H, 2009. valuasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-11-17

How to Cite

Putra, A. F. A. ., Ramadhani , F. A. ., Putri, N. R. ., A, Z. Y., & Imanudin, Z. . (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Rw.03, Kelurahan Sumur Batu, Kota Bekasi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(19). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/246

Issue

Section

Articles