Optimalisasi Teknologi Tepat Guna Dalam Mengatasi Permasalahan Pengelolaan Sampah Di Kampung Gambung Pangkalan

Authors

  • N. Kardinah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maya Arleni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Guruh al muslihun UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Istiti Rohmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ina Nurlaeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dimas Fitrianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Efek negatif dari penanganan sampah yang kurang optimal akan mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat karena sampah merupakan tempat berkembangnya penyakit. Permasalahan pengelolaan sampah yang tak kunjung usai mulai dari rendahnya kesadaran masyarakat hingga terbatasnya keberadaan sarana dan prasarana yang mendukung seperti Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Tujuan penelitian ini adalah menanggulangi permasalahan pengelolaan sampah yang terdapat di kampung Gambung Pangkalan, Desa Cisondari dengan berbagai keterbatasan. Metode pengabdian yang digunakan merupakan metode Sisdamas atau dikenal pula sebagai sebuah metode yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Di dalam metode pengabdian tersebut, dipadukan penelitian dan pengabdian yang menggunakan empat tahapan, yakni refleksi sosial, perencanaan partisipatif, pelaksanaan serta evaluasi program. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil menyelesaikan masalah pengelolaan sampah yaitu dengan mengadakan program sosialisasi pengelolaan sampah dan menyediakan alat pembakar sampah ramah lingkungan yang dibuat dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Alat ini kemudian akan dikelola oleh organisasi masyarakat (karang taruna) agar dapat mengatasi permasalahan sampah secara berkelanjutan.

References

Dewi, R. P. (2017). Perancangan Sistem Pengelolaan Sampah untuk Mendukung Perkembangan Industri Kreatif di Daerah Pariwisata.

Fajar Rochman, Imam Hardjono, & Agus Anggoro Sigit. (2014). Analisis Kesesuaian Lahan untuk Penentuan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.

Kahfi, A. (2017). Tinjauan terhadap Pengelolaan Sampah. 4(1).

Nanang Tawaf, Rama Prangeta SS, M. Taufik, & Istomi. (2021). Perancangan Alat Pembakaran Sampah tanpa Asap untuk Mengatasi Pencemaran Lingkungan. 2(2).

Pasaribu, F. I., Abdul Azis H, Noorly Evalina, & Cholish. (2020). PKPM Pengolahan Sampah Bakar Ramah Lingkngan Muhammadiyah Menggunakan Rancang Bangun Insinerator. 2(1).

Rahmadhani Fitri, Yan Eko Budihartono, & Ramayana Bachtiar. (2013). Tempat Pembuangan Akhir sebagai Ruang Terbuka Publik (Studi Kasus: TPA Terjun Kecamatan Medan Marelan).

Ratna Dhamayanti, Bagus Galih Wicaksono, & Dicki Nizar Zulfika. (2019). Pemanfaatan Sampah Plastik Sebagai Penghasil Bahan Bakar Alternatif di Desa Claket.

Rendi, Arifin, J., Herlina, F., Ihsan, S., & Hartadi, B. (2021). Edukasi Pengelolaan Sampah dan Pendampingan Penggunaan Mesin Pembakar Sampah di Desa Semangat Dalam. 7(1).

Selomo, M., Birawida, A. B., Mallongi, A., & Muammar. (2016). Bank Sampah Sebagai Salah Satu Solusi Penanganan Sampah di Kota Makassar. 12(4).

Solichin, Yoto, Wahono, Edy, D. L., & Irdianto, W. (2018). Penerapan Teknologi Tepat Guna untuk Pembuatan Pupuk Organik di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. 1(1).

Downloads

Published

2021-11-16

How to Cite

Kardinah, N., Arleni, M. ., al muslihun , G., Rohmawati, I., Nurlaeni, I., & Fitrianto, D. (2021). Optimalisasi Teknologi Tepat Guna Dalam Mengatasi Permasalahan Pengelolaan Sampah Di Kampung Gambung Pangkalan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(19). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/241

Issue

Section

Articles