Digitalisasi Lokasi Umkm Warga Rw O5 Pasir Biru

Authors

  • Vivi Putri Sukmawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Suci Widya Ningsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Endah Ratna Sonya UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia menjadi salah satu sektor usaha yang cukup mendominasi. Namun, UMKM mengalami tantangan besar dalam digitalisasi bisnis agar mampu bertahan di tengah persaingan. Tetapi, Sangat disayangkan banyak sekali yang belum melek teknologi. Ditambah dengan kondisi saat ini yaitu adanya virus Covid- 19 yang tak kunjung usai membuat ekonomi down. Contohnya Ibu Siti selaku ketua RT 06 yang mengeluhkan usahanya sepi. Oleh karena itu, tujuan pengabdian Ini ialah membantu UMKM warga dengan mendigitalisasikan lokasi atau tempatnya usaha didaftarkan dalam google Maps. Metode yang digunakan ialah metode survei dan wawancara untuk mengetahui permasalahan yang ada. Dari digitalisasi lokasi ini, hasilnya mempermudah konsumen untuk mengunjungi dan membeli  produk yang dijual. 

References

Setiawan, Wawan. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Purnama, Novi. Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Kehidupan Sosial Budaya. Universitas Sultan Fatah Demak. 40-45

Microsoft Word - Dampak perkembangan teknologi komunikasi.novi purnama (neliti.com)

Thorfiani, Dera., Suarsa, Seni Handayani., & Oscar, Bheben. (2021). Teknologi E-commerce dan Pengalaman Konsumen. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. 7, 143-147.

Mursito, H. (2019). Sosial Media Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk UKM (Studi Kasus di SMESCO Jakarta). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 41–47.

Munawaroh, Ika., Nuraina, Elva,. & Astuti, Elly. (2021). Analisis Strategi Bisnis untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif di UMKM Nukida Jati Bojonegoro. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. 7, 120-124.

Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak Perkembangan Ekonomi Digital terhadap Perilaku Pengguna Media Sosial dalam Melakukan Transaksi Ekonomi. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 6(2): 234–239.

Astuty, E. (2018). Soft Innovation Sebagai Strategi Peningkatan Kinerja Industri Kreatif Fesyen. Universitasi Pendidikan Indonesia.

Fauziyah, Ana. 2018. “Manfaat Google Maps Untuk Dukung Bisnis Online” Manfaat Google Maps untuk Dukung Bisnis Online (digination.id), diakses pada 09 September 2021 pukul 21.46.

Downloads

Published

2021-11-16

How to Cite

Sukmawan, V. P., Ningsih , S. W., & Sonya, E. R. (2021). Digitalisasi Lokasi Umkm Warga Rw O5 Pasir Biru. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(19). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/239

Issue

Section

Articles