Peran Edukasi Sikap Anti Bullying Pada Siswa SDN Paranggong

Authors

  • Arief Roihan Nur Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dyah Rahmi Astuti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Azalia Ratri Choerunisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lulu Nafisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Anti-Bullying, Sekolah Dasar, Siswa

Abstract

Tindakan bullying adalah tindakan yang menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain. Perilaku Bullying sendiri semakin sering terjadi di Indonesia. Sekolah Dasar sering menjadi lokasi terjadinya Perilaku Bullying. Sedangkan sekolah seharusnya menjadi tempat yang mengedepankan kebajikan seperti menghormati teman, guru dan siswa lain serta bersikap sopan santun. Tujuan dari Seminar ini adalah untuk mengedukasi siswa dan siswi tentang bahaya dari tindakan bullying tersebut. Metode dalam kegiatan ini melalui refleksi sosial yang kemudian dilanjut dengan perencanaan program yang sesuai dengan situasi. Hasil dari kegiatan seminar ini adalah peserta mampu memahami bahaya dari perilaku bullying tersebut serta mengetahui bagaimana cara untuk menyikapi dan mengatasinya.

References

Dewi, Putu Yulia Angga. “Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2020): 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526.

Dwipayanti, Ida Ayu Surya, and Komang Rahayu Indrawati. “Hubungan Antara Tindakan Bullying Dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying Pada Tingkat Sekolah Dasar Ida Ayu Surya Dwipayanti Dan Komang Rahayu Indrawati” 1, no. 2 (2014): 251–60.

Hertinjung, Wisnu Sri. “Bentuk-Bentuk Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Psikologi UMS 2013 - Parenting 53, no. 9 (2013): 450–58. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3952.

Sari, Eva Purnama. “Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh.” Idea Nursing Journal 8, no. 3 (2017): 1–10.

Triyanto, Triyanto. “Peluang Dan Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 17, no. 2 (2020): 175–84. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476.

Zahraini, Dian Ayu. “Model Program Intervensi Anti Bullying.” Universitas PGRI Semarang 15, no. 2 (2019): 2–25.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Arief Roihan Nur Rahman, Dyah Rahmi Astuti, Azalia Ratri Choerunisa, & Lulu Nafisa. (2024). Peran Edukasi Sikap Anti Bullying Pada Siswa SDN Paranggong . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 159–166. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2318