20 Kunci Sukses Pendidik Anak Usia Dini: Kajian Kinerja Guru Raudhatul Athfal (RA) di Desa Jagabaya Kec.Cimaung Kab.Bandung KKN 68

Authors

  • shidiq andhika UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syaepul Mubarok2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • , Tala’la Sapata UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru RA berprestasi di Kab. Bandung Barat Kecamatan Cimaung Desa Jagabaya melalui pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya enam langkah yang dilakukan oleh guru RA yang berprestasi untuk meningkatkan kinerjanya: Mengetahui Masih ada Kekurangan dalam Kinerja: Guru-guru berprestasi harus terlebih dahulu menyadari bahwa masih ada kekurangan dalam kinerja mereka. Ini merupakan langkah pertama dalam proses perbaikan. Mengetahui Kelemahan dan Kekurangan dalam Kesetaraan Mengajar: Guru harus secara kritis menilai kelemahan dan kekurangan dalam cara mereka mengajar. Ini bisa melibatkan evaluasi diri dan menerima umpan balik dari pihak lain. Mengidentifikasi Penyebab Defisiensi Terutama yang Berkaitan dengan Kinerja: Guru perlu menggali lebih dalam untuk mengidentifikasi akar masalah atau penyebab defisiensi dalam kinerja mereka. Ini bisa mencakup aspek-aspek seperti motivasi, metode pengajaran, atau kelas manajemen. Memikirkan Rencana Kinerja yang Disajikan: Setelah masalah diidentifikasi, guru perlu mengembangkan rencana tindakan yang konkret untuk meningkatkan kinerja mereka. Rencana ini harus mencakup langkah-langkah yang jelas dan realistis. Menilai Masalah Telah Diselesaikan atau Tidak (Pemecahan Masalah): Guru harus mengaktifkan secara teratur apakah rencana kinerja mereka telah berhasil dalam mengatasi masalah yang diidentifikasi. Jika tidak, mereka perlu melakukan perubahan yang diperlukan.

Mulai dari Awal Lagi, Jika Diperlukan dan Diperlukan Lagi: Jika rencana kinerja awal tidak berhasil atau jika ada perkembangan baru yang mempengaruhi kinerja, guru harus siap untuk memulai kembali proses perbaikan ini.

References

Agustina, Efriyeni. 2019. “HUBUNGAN KEMAMPUAN IBU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL DENGAN PERILAKU MENTAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PUSKESMAS SEDAYU II BANTUL KAB. BANDUNG BARAT KECAMATAN CIMAUNG DESA JAGABAYA.” UNIVERSITAS ALMA ATA KAB. BANDUNG BARAT KECAMATAN CIMAUNG DESA JAGABAYA.

Arifin, Zaenal. 2017. “Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa Pada Pembelajaran Matematika Abad 21.” Theorems (The Original Research of Mathematics) 1 (2).

Asnawir, Basyiruddin Usman, and M Basyiruddin Usman. 2002. “Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers.”

Aththibby, Arif Rahman. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi.” Jurnal Pendidikan Fisika 3 (2). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i2.238.

Brata, Sumadi Surya. 2001. “Psikologi Kepribadian.” Jakarta, Raja Grafindo Persada.

dan Arifin, Barnawi. 2014. “Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan Dan Penilaian.” Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Depdiknas. 2007. “Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Dillard, John Milton. 1985. “Life Long Career Planning. Ohio: Charles E.” Merrill Publishing Co.

Drost, Josephus Ignatius Gerardus Maria. 1998. Sekolah: Mengajar Atau Mendidik? Kanisius.

Gunawan, Ary H. 1996. Administrasi Sekolah:(Administrasi Pendidikan Mikro). Penerbit Rineka Cipta.

Harsanto, Radno. 2007. “Pengelolaan Kelas Yang Dinamis.” Kab. Bandung Barat Kecamatan Cimaung Desa Jagabaya: Kanisius.

Hendrawati, Ratih. n.d. “Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Virtual Lab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Sma Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke.”

Kuhlow, A. 1975. “Die Technik des Kugelstoßens der Männer bei den Olympischen Spielen 1972 in München.” Leistungssport. Beiheft zu Leistungssport: Informationen zum Training, 2. Frankfurt/Main: Limpert.

Muhammad Husaun Haekal. 1982. Sejarah Hidup Muhammad. Jakarta: Pustaka Jaya dan Tintamas.

Noor, Fuad Arif. 2020. “The Key To Successful Early Childhood Educators: Performance Study of The Raudhatul Athfal (RA) Teacher in Kab. Bandung Barat Kecamatan Cimaung Desa Jagabaya.” JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal) 5 (1).

Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Rineka Cipta.

Priansa, Donni Juni, Soni Suntani Sentiana, and Ai Kasmanah. 2014. “Kinerja Dan Profesionalisme Guru: Fokus Pada Peningkatan Kualitas Sekolah, Guru, Dan Proses Pembelajaran.”

Safitri, L. N., Fahrudin, and Jumadi. 2020. “Comparison of Students Science Process Skills after Using Learning an Experimental and Virtual Laboratory on Archimedes Laws.” Journal of Physics: Conference Series 1440 (1): 3–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012079.

Soedjatmoko, Semiawan, and R Conny. 1991. “Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI.” (No Title).

Soetjipto, Raflis Kosasi. 2009. “Profesi Keguruan.” Jakarta: Rineka Cipta.

Sujana, Atep, and Dewi Rachmatin. 2019. “Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana.” In Current Research in Education: Conference Series Journal, 1:3–13.

Sukardi, Dewa Ketut. 1987. “Bimbingan Karir Di Sekolah-Sekolah.” Jakarta: Ghalia Indonesia.

Supriadi, Dedi. 1999. Mengangkat Citra Dan Martabat Guru. Adicita Karya Nusa.

Sutadipura, Balnadi. 2013. “Kompetensi Guru Dan Kesehatan Mental.” (No Title).

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

shidiq andhika, Syaepul Mubarok2, & , Tala’la Sapata. (2024). 20 Kunci Sukses Pendidik Anak Usia Dini: Kajian Kinerja Guru Raudhatul Athfal (RA) di Desa Jagabaya Kec.Cimaung Kab.Bandung KKN 68. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 222–243. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2269

Issue

Section

Articles