26 Upaya Meningkatkan Kualitas Pengembangan Lembaga Pendidikan di RW 14 Desa Pangalengan
Abstract
Silabus merupakan suatu rincian detail tentang rencana mengajar guru yang disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu, Komponen dari silabus antara lain Kompetensi Inti /Standar Kompetensi (KI/SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator/Indikator Pencapaian Kompetensi, Materi Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan. Mengingat pentingnya silabus untuk anak kelompok bermain (kober) untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, maka kelompok kkn 124 udayakara membuat silabus pembelajaran satu tahun kedepan untuk kober khusnul khotimah. Isi dari silabus tersebut mencangkup nilai nilai penting seperti nilai agama, kognitif, sosial emosional, bahasa, fisik motorik, dan seni. Dimana pembelajaran tersebut dapat melatih motorik dan sensorik pada anak. Metode yang digunakan pada program kerja ini adalah metode pengabdian berbasis pendidikan. Terdapat tiga tahapan perencanaan pada metode ini yaitu tahap perancangan, tahap pembuatan, dan tahap Penyelesaian. Pada tahap pertama yaitu tahap perencanaan, kelompok kkn 124 menyusun Konsep yang akan dibuat untuk Silabus pendidikan Kelompok Belajar (kober) setempat. Tahap kedua yakni tahap pembuatan, kelompok kkn 124 membuat silabus yang akan dibuat untuk menjadi acuan pembelajaran 1 tahun kedepan. Tahap ketiga yakni tahap penyelesaian, kelompok kkn 124 setelah membuat silabus dan selanjutnya dikonfirmasi kepihak guru kober dan digunakan untuk pembelajaran selanjutnya.
References
Siswanto, 2005, Organisasi Remaja Masjid: Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Siswanto, Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yusnanda Aditya Yusnanda, Fadilah Sukma, Ghina, Indri Oktaviani, Ridwan Rustandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.