18 Flashcard Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Serta Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah pada Anak di Desa Sirnasari

Authors

  • Bulan Nur Fadilla UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aulia Nazwa Sihab UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabila Robi'ah Adawiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rika Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Qur’an, Flashcard, KKN, Sirnasari

Abstract

Tujuan penggunaan flashcard pada pembelajaran adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar lebih giat dalam belajar dan kemampuan siswa dalam membaca huruf hijaiyyah. Karena pembelajaran Al-Qur’an di Kampung Sirnasari butuh perhatian lebih sebab masih banyaknya warga atau peserta didik yang masih belum paham atau tahu tentang huruf hijaiyyah. Penggunaan flashcard dalam pembelajaran Al-qur’an di DTA Al-Ikhlas dan TPA AL-Mu’minun awalnya memiliki kendala karena murid masih belum paham tapi setelah berjalan seiring waktu murid pun mengalami perkembangan singkat tentang huruf hijaiyyah. Metode yang digunakan adalah metode observasi dengan beberapa tahapan yaitu observasi, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini murid mengalami perkebangan pesat dalam pembacaan huruf hijaiyyah dan memiliki motivasi belajar. Penerapan dari hasil penelitian ini adalah murid mampu membaca iqro atau al-qur’an dengan baik dan benar.

References

An-Nahdliyah, P. P.-Q. (2015). Pedoman Pngelolaan Taman Pendidikan Al-Qur'an Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Qur'an An-Nahdhiyah. MABIN TPQ An-Nahdliyah, 1.

Subini, N. (t.thn.). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Bulan Nur Fadilla, Aulia Nazwa Sihab, Nabila Robi’ah Adawiyah, & Rika Rahmawati. (2024). 18 Flashcard Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Serta Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah pada Anak di Desa Sirnasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 205–210. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2253

Issue

Section

Articles