27 Pemberdayaan Bina Diri Masyarakat Dusun Kepuhangga Desa Curugreja Sukasari Subang Melalui Kegiatan Terapi & Layanan Psikologi : Bekerjasama dengan FUN Terapis Herbalis, BINGKAI dan RUBIKON

Authors

  • Emalia Virgien UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ateng Kusnandar Adisaputra
  • Fany Rahma Jenni
  • Arini Nurtsani Azzahra
  • Adni Iskarimal Haq

Abstract

Pemberdayaan bina diri masyarakat melaui kegiatan terapi dan layanan psikologi merupakan upaya untuk membantu individu mengatasi stres dan gangguan mental yang tinggi, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental. Hal ini penting mengingat masih adanya stigma negatif terhadap permasalahan mental di masyarakat, selain itu juga penguatan mengenai kesehatan fisik di masyarakat dimana masyarakat tersebut mayoritas bekerja sebagai petani yang tentu kesehatan fisiknya menjadi sebuah perhatian. Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah untuk memecahkan dan menjawab persoalan masalah yang dihadapi oleh masyarakat Desa Curugreja Dusun Kepuh Angga Kabupaten Subang. Dalam jangka panjang, masalah kesehatan mental yang tidak ditangani dapat menyebabkan gangguan serius seperti depresi berat, gangguan kecemasan, dan gangguan kesehatan mental lainnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental adalah hal yang sangat penting. Disamping kesehatan mental yang juga penting, tentu kesehatan fisik yang baik juga sangat penting untuk menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Kesehatan fisik yang buruk dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, bekerja, dan menikmati kehidupan. Melalui kegiatan terapi dan layanan psikologi, individu dapat belajar bagaimana membangun hubungan yang sehat dengan keluarga dan komunitasnya, sementara keluarga dan komunitas dapat mendapatkan pemahaman tentang cara mendukung individu yang mengalami masalah kesehatan mental dan kesehatan fisik. Pemberdayaan bina diri melalui kegiatan terapi dan layanan psikologi juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup indvidu secara keseluruhan dengan membantu mengembangkan keterampilan coping yang efektif, meningkatkan kepercayaan diri, memperbaiki hubungan interpersonal, dan mencapai tujuan hidup yang lebih baik.  

Kata Kunci: pemberdayaan, terapi, psikologi, konseling.

References

Aminuddin, Aminuddin, Yulianus Sudarman, and Moh Syakib. 2020. “Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi Setelah Diberikan Terapi Akupresur.” Jurnal Kesehatan Manarang 6 (1): 57. https://doi.org/10.33490/jkm.v6i1.119.

Food, Halal, Islamic Traveling, Creative Economy, Muhammad Alhada, Fuadilah Habib, Universitas Islam, Negeri Sayyid, Ali Rahmatullah, Ekonomi Kreatif, and Peningkatan Ekonomi. 2021. Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif 1. Vol. 1.

Latifin, Khoirul. 2021. “Efektifitas Bekam Terhadap Penurunan Gangguan Rasa Nyaman Nyeri.” Seminar Nasional Kesehatan 2 (1): 90–93.

Qodim, H, Dkk. 2023. Juknis KKN Sisdamas Moderasi Beragama.

Rahmadani, Rina, Lilis Pujiati, Stikes Flora, Diii Keperawatan, Stikes Flora, and Jalan Rajawali. 2022. “Penyuluhan Terapi Chiropractic Pada Masyarakat Di Puskesmas Padang Bulan,” 2–5.

Ratna, Ratnawati, and Ahmad Aswad. 2019. “Efektivitas Terapi Pijat Refleksi Dan Terapi Benson Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi.” Jambura Health and Sport Journal 1 (1): 33–40. https://doi.org/10.37311/jhsj.v1i1.2052.

Setiawati, Made Arya Octavia, Anak Agung Putu Agung Mediastari, and Ida Bagus Putra Suta. 2021. “Terapi Akupunktur Untuk Mengatasi Vertigo.” Widya Kesehatan 3 (1): 8–15. https://doi.org/10.32795/widyakesehatan.v3i1.1650.

Stöcker, W. 2018. Komplement. Lexikon Der Medizinischen Laboratoriumsdiagnostik. https://doi.org/10.1007/978-3-662-49054-9_1734-1.

Susilo, Oksatriani, Hutami Sidharta, Sawitri Supardi Sadarjoen, and Suci Nugraha. 2006. “Efektivitas Konseling Marital Untuk Mengembangkan” 7: 45–58.

Dewi, Kartika Sari. (2012). "Buku ajar kesehatan mental."

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Virgien, E., Adisaputra, A. K. ., Jenni, F. R., Azzahra , A. N., & Haq, A. I. (2024). 27 Pemberdayaan Bina Diri Masyarakat Dusun Kepuhangga Desa Curugreja Sukasari Subang Melalui Kegiatan Terapi & Layanan Psikologi : Bekerjasama dengan FUN Terapis Herbalis, BINGKAI dan RUBIKON. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 311–326. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2241

Issue

Section

Articles