25 Perkembangan Pengetahuan dan Keterampilan Bercocok Tanam dengan Media Sederhana pada Siswa SD Sukamaju, Desa Malasari

Penulis

  • anisya rizky UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anisya Rizky Pradani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aniq Humaira Shafanah
  • Shanda Leslie Falmayori
  • Moch Alief Izzulhaq

Kata Kunci:

Pengetahuan, Keterampilan, Bercocok tanam

Abstrak

Pendidikan merupakan proses perubahan sikap dan tingkah laku setiap peserta didik dalam mengembangkan kemampuan dirinya. Upaya pembelajaran yang dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada siswa sekolah dasar yaitu dengan melakukan pengenalan kegiatan sainstifik. Pengenalan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak siswa berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta meningkatkan pengetahuan dan kreativitas. Metode penelitian yang digunakan yaitu mengadopsi langkah-langkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat diantaranya, identifikasi permasalahan lingkungan, perancangan program, pelaksanaan program, evaluasi, dan keberlanjutan. Pengenalan kegiatan bercocok tanam dengan media sederhana mengajarkan kreativitas pada siswa siswi dan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap tanaman yang dirawat. Para siswa-siswi memperoleh pengetahuan baru dan dapat memahami materi yang telah dijelaskan dari pengenalan dan praktik bercocok tanam dengan media sederhana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

rizky, anisya, Pradani, A. R. ., Aniq Humaira Shafanah, Shanda Leslie Falmayori, & Moch Alief Izzulhaq. (2024). 25 Perkembangan Pengetahuan dan Keterampilan Bercocok Tanam dengan Media Sederhana pada Siswa SD Sukamaju, Desa Malasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 282–289. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2231

Terbitan

Bagian

Articles