24 Pembuatan Plang Nama Jalan/Gang dan Plang Informasi Sebagai Upaya Peningkatan Fasilitas di Dusun Lebak Jaya Desa Sukamaju Kabupaten Subang

Authors

  • risma mawangi UIN SGD Bandung

Keywords:

Plang, Nama Jalan, Desa Sukamaju

Abstract

Permasalahan yang terjadi di Dusun Lebak Jaya Desa Sukamaju yaitu kurangnya fasilitas yang memadai terkait plang jalan. Plang perlu juga  dibuat  untuk mempermudah warga pendatang  ketika masuk ke Dusun Lebak Jaya. Program  pemasangan plang yang dilakukan oleh  kelompok 181 KKN Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung 2023 dilakukan dengan pembuatan plang informasi nama jalan, kemudian plang informasi rumah kepala dusun, dan rumah jajaran perangkatnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dengan mengadakan survey lapangan atau tempat-tempat yang akan dipasang papan petunjuk. Setelah menemukan lokasi yang akan dipasang papan maka langkah selanjutnya adalah membuat papan dengan membeli alat serta bahan yang diperlukan. Setelah selesai pembuatan papan maka dilanjutkan dengan pengecatan warna dasar untuk kayu dilanjutkan dengan penulisan nama jalan menggunakan pylox pada kayu lalu dilanjutkan dengan pemasangan papan yang dilakukan oleh mahasiswa dibantu oleh masyarakat setempat dan menghasilkan 11 plang.

References

Budi Leksono, Eko. “Peningkatan Fasilitas Desa Dengan Pemasangan Papan Nama Rt Dan Perangkat Desa Wotansari.” DedikasiMU(Journal of Community Service) 2, no. 1 (2020): 174. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i1.1201.

Hidayat, Safaruddin, Al Ikhsan, Muhamad Irfan, Miptahul Janah, Penyuluhan Ekonomi, Penyuluhan Kesehatan Sikat, Seminar Hukum, et al. “Kerjasama Dengan Akademisi Program Kuliah Kerja Nyata” 3, no. 4 (2019).

Jundillah, Muhammad Labib, Hario Jati Setyadi, Romy Hakim Wardana, Muhammad Rizq Saputra, and Afdinal Arif. “Perbaikan Fasilitas Kampung Ketupat Dengan Tema " Peranan Akademisi Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Fasilitas Dan Wawasan Masyarakat Kampung Ketupat Sebagai Aset Wisata Kota Samarinda "” 1, no. 1 (2023).

Lestari, Dini Martinda. “PARTISIPASI MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN TANDA JALAN UNTUK GANG-GANG DI KELURAHAN” 3, no. 2 (2023): 138–46.

Tanjung, Afrizal, Albertus Andika Mendrofa, Ardiken Afri Sulistio, Bella Yosefa, Bella Permata Zevira, Chindi Fitrimeutia, Dian Seftiani Putri, et al. “Perbaikan Dan Pembuatan Plang Nama Jalan Serta Denah Lokasi Di Desa Gerbang Sari.” Journal of Rural and Urban Community Empowerment 4, no. 1 (2022): 49–55. https://doi.org/10.31258/jruce.4.1.49-55.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

mawangi, risma. (2024). 24 Pembuatan Plang Nama Jalan/Gang dan Plang Informasi Sebagai Upaya Peningkatan Fasilitas di Dusun Lebak Jaya Desa Sukamaju Kabupaten Subang . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 224–234. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2202

Issue

Section

Articles