27 39. Pelatihan dan Pendampingan Pemberantas Buta Huruf Pada Anak-Anak SDN Tanjungwangi Dengan Metode Buku "Bacalah"

Authors

  • Anggun Nurfadila UIN SGD
  • Bintang Rimba Dirgantara UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kinanti Arti Nazihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Membaca, SD, Siswa, KKN, Tanjungwangi

Abstract

Membaca merupakan salah satu aspek yang paling dasar dan penting dalam dunia pendidikan. Membaca merupakan nafas hidup dan jembatas emas ke masa depan. Tanpa membaca kita tidak bisa memahami dunia. Oleh karena itu, membaca harus sudah diajarkan sejak dini salah satunya mulai dari bangku taman kanak-kanak. Seorang anak harus pandai membaca ketika sudah memasuki tingkat SD. Namun sayangnya, di SDN Tanjungwangi, masih terdapat puluhan siswa yang masih belum bisa membaca bahkan kelas 4 SD sekalipun. Hal ini yang menjadikan kami ingin membantu para siswa tersebut untuk bisa membaca, salah satunya metode yang kami pilih ialah dengan menggunakan buku “Bacalah”. Tujuan dari penelitian ini ialah melihat kemampuan para siswa dalam membaca, melihat bagaimana peningkatan kecepatan membaca para siswa setelah diberikan pelajaran dengan menggunakan buku “Bacalah”, dan membantu para siswa hinga ke tahap pandai membaca. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan observasi, sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat siswa SDN Tanjungwangi kelas 4 yang belum mengenal huruf, dan masih banyak pula siswa SDN Tanjungwangi yang sudah mengenal huruf namun masih lambat dalam membaca. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan mampu membuka jalan bagi siswa SDN Tanjungwangi agar diberikan perhatian khusus baik itu oleh pihak sekolah maupun pemerintah.

References

Ahmad Ulil Albab Al Umar, Oleh, Anava Salsa Nur Savitri, Yolanda Sryta Pradani, Nur Khamid, and Iain

Salatiga. 2021. “PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN KEPADA

MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19(STUDI KASUS IAIN SALATIGA KKN 2021).” Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat 01 (01). https://stp-mataram.e-journal.id/Amal.

Faizah, D. U, S Sufyadi, Dewayani Waluyo, W Muldian, and D. R Roosaria. 2016. “Panduan Gerakan

Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar.” Journal of Chemical Information and Modeling 53.

Hakim, Rosyid Ridho Al. 2021. “PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 BERBASIS APLIKASI ANDROID

SEBAGAI IMPLEMENTASI KEGIATAN KKN TEMATIK COVID-19 DI SOKANEGARA PURWOKERTO

BANYUMAS.” Community Engagement & Emergence Journal 2 (1): 7–13.

Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi Beragama. 2023. Bandung: Pusat

Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN

Sunan Gunung Djati Bandung.

Rusmiati Aliyyah, Rusi, Widiya Septriyani, Jaihan Safitri, and Siti Nur Paridotul Ramadhan. 2021.

“KULIAH KERJA NYATA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN

PENDAMPINGAN PENDIDIKAN” 5 (2): 663–76. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4122.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Nurfadila, A., Dirgantara, B. R., & Nazihah, K. A. (2024). 27 39. Pelatihan dan Pendampingan Pemberantas Buta Huruf Pada Anak-Anak SDN Tanjungwangi Dengan Metode Buku "Bacalah". PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 252–259. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2184