31 Sosialisasi Pemilahan Jenis Sampah Pada Siswa SDN Pusaka Resmi, Desa Cimaung, Kabupaten Bandung

Penulis

  • Anisa Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hana Khairunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indriani Agustina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dedi Wahyudi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Sosialisasi, Jenis, Pemilihan, Sampah

Abstrak

Sampah adalah permasalahan serius yang terjadi di Indonesia. Banyak sampah yang dihasilkan dari berbagai macam aktivitas manusia, seperti sampah plastik, kertas, kardus, kaleng, sisa makanan dan lain sebagainya. Tidak semua sampah itu sama jenisnya, oleh karena itu sampah dibagi menjadi 3 jenis yaitu sampah organik, anorganik dan B3 (bahan berbahaya dan beracun). Pemilahan jenis sampah diperlukan karena masing-masing jenis sampah memiliki cara penanganan yang berbeda. Hal inilah yang menjadi tujuan dari diadakannya sosialisasi pemilahan sampah ini yaitu untuk mengedukasi siswa mengenai jenis-jenis sampah dan membiasakan siswa untuk memilah sampah dari kecil. Metode pengabdian yang dilakukan adalah dengan mengobservasi serta menganalisis keadaan di lingkungan sekitar sekolah, kemudian mengadakan sosialisasi dengan menampilkan video materi serta mempraktikkan cara membuang sampah ke tempatnya sesuai dengan jenisnya dan diakhiri dengan memberikan pertanyaan kepada para siswa kelas 1, 2 dan 3 SDN Pusaka Resmi. Hasil evaluasi kegiatan sosialisasi pemilahan jenis sampah kepada siswa SDN Pusaka Resmi dapat meningkatkan wawasan tentang pemilahan jenis sampah organik, anorgaik dan B3, kesadaran lingkungan sekitar, dan antusias dalam mengikuti kegiatan program kerja KKN Sisdamas 62.

Referensi

Andina, Elga. 2019. “Analisis Perilaku Pemilahan Sampah Di Kota Surabaya.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 10 (2): 119–38. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i2.1424.

Kemdikbud. 2023. “Yuk, Mengenal 5 Jenis Sampah.” Ditsmp.Kemdikbud.Go.Id. 2023. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/yuk-mengenal-5-jenis-sampah/.

Komenko PMK. 2023. “7,2 Juta Ton Sampah Di Indonesia Belum Terkelola Dengan Baik.” Www.Kemenkopmk.Go.Id. 2023. https://www.kemenkopmk.go.id/72-juta-ton-sampah-di-indonesia-belum-terkelola-dengan-baik.

Malina, Asmi Citra, Suhasman, Asikin Muchtar, and Sulfahri. 2017. “Kajian Lingkungan Tempat Pemilahan Sampah Di Kota Makassar.” Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar 1 (1): 14–27.

Qodim, Husnul. 2023. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN Sisdamas) Moderasi Beragama. Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Lestari, A., Khairunnisa, H., Agustina, I., & Wahyudi, D. (2024). 31 Sosialisasi Pemilahan Jenis Sampah Pada Siswa SDN Pusaka Resmi, Desa Cimaung, Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 290–298. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2129

Terbitan

Bagian

Articles