Urgensi Penerapan Protokol Kesehatan Dan Relevansi Dengan Perintah Agama (Telaah Sikap Keberagamaan Masyarakat Cicurug Di Era Covid-19)

Authors

  • Alma Nurmujizat Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ilham Fajar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sofia Nurfajriati Firdaus UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Syaeful Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Agama, Masyarakat, Protokol Kesehatan

Abstract

Dimasa pandemi Covid-19, pemerintah memberlakukan beberapa kebijakan yang dampaknya berimplikasi pada proses pembelajaran, pekerjaan, bahkan ritualitas peribadatan. Sehingga dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur yang berbeda. Hal itu menuai komentar dan tanggapan dari berbagai kalangan. Fenomena pelanggaran dan sikap ketidak pedulian masyarakat terhadap kebijakan tersebut pun terjadi. Hal ini disebabkan adanya kebiasaan baru yang membuat masyarakat merasa tidak terbiasa, perasaan jenuh, kurangnya kesadaran dan kepedulian, bahkan kurangnya pengetahuan keagamaan. Pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi tentang urgensi penerapan protokol kesehatan dan relevansinya dengan perintah agama. Metode yang digunakan adalah memadukan antara penelitian dan pengabdian yang lebih bersifat partisipatif aktif terhadap kegiatan yang ada di masyarakat. Hasil pengabdian menunjukan bahwa program penyuluhan dan sosialisasi bisa digunakan sebagai langkah mitigasi. Adapun isi penyuluhan yaitu 1) Menjelaskan penafsiran QS. Al-Baqarah ayat 195 sebagai hujjah dibenarkannya penerapan protokol kesehatan. 2) Mengenalkan protokol kesehatan yang biasa dikenal dengan istilah 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobiltas). 3) Mengenalkan istilah rukhshah dalam agama ketika berada dalam keadaan dharurat. 4) Memberikan pemahaman yang moderat akan sikap tawakal dalam situasi pandemi, yaitu berserah diri disertai ikhtiar yang maksimal. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa program penyuluhan dan sosialisasi mampu memberikan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan.

 

References

, R., & Istiqomah. (2020). Sinergitas Antar Aktor: Kolaborasi Peran Pemerintah, Masyarakat, dan Swasta Dalam Mengatasi Pandemi Covid-19. (Irsyadunnas, Ed.) Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Aldilawati, S., & Hidayat, R. (2021). Edukasi Vaksinasi Covid-19 dan Penerapan 5M Dalam Menangguulangi Penularan Covid-19 di Desa Borisallo Kabupaten Gowa. Idea Pengabdian Masyarakat, II(01), 1-6.

Ameliyaningsih, T., Kartika, E., & Prasetyo, D. T. (2020). Patuh Kepada Tuhan Atau Pemerintah? Culture Shock Masyarakat Muslim Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19. JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, III(2), 134-146.

Azhari, F. (2015). Qawaid Fiqhiyyah Muamalah. Banjarmasin: Lembaga Pemberdayaan Kualitas Ummat Banjarmasin.

Az-Zuhaili, W. (2005). At-Tafsiirul Muniir: Fil 'Aqidah Wasy-Syarii'ah Wal Manhaj. (A. H. Al-Kattani, Trans.) Damaskus: Darul Fikr.

Casmini. (2020). Orientasi Keberagamaan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. (Irsyadunnas, Ed.) Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Darmalaksana, W. (2021). Model Pendampingan Lanjut Usia Penyintas Covid-19. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-8.

Fajar, I., & Mulyana, Y. (2021). Kajian Tafsir Ilmi di Indonesia: Telaah Tafsir Ilmi Karya Kementerian Agama. Gunung Djati Conference Series, IV, pp. 636-649. Bandung.

Kusumaningtyas, A. (2021). Komunikasi Publik Ormas Keagamaan Islam Terkait Social Distancing pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi atas Sikap Resmi NU, Muhammadiyah, dan MUI). Muttaqien, II(1), 21-47.

Qodim, Husnul dkk. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas): Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung: Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sabara. (2020). Beragama Dengan Moderat Di Era Pandemi Covid-19. Mimikri: Jurnal Agama dan Kebudayaan, VI(2), 131-149.

Salsabilla, I. S., Falestri, D., & Wulandari, I. (2021). Rukhshah Beribadah ditengah Wabah Covid-19 Dengan Mengutamakan Maslahah Mursalah. An-Nuha, VIII(1), 147-166.

Shihab, M. Q. (2020). Corona Ujian Tuhan: Sikap Muslim Menghadapinya. Tangerang Selatan: Lentera Hati.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Utami, A. N. ., Fajar, I. ., Firdaus, S. N. ., & Rahman, A. S. . (2021). Urgensi Penerapan Protokol Kesehatan Dan Relevansi Dengan Perintah Agama (Telaah Sikap Keberagamaan Masyarakat Cicurug Di Era Covid-19) . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(22), 92–105. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/208

Issue

Section

Articles