Pengaruh Kegiatan Berusik (Belajar Seru Dan Asik) Terhadap Minat Belajar Anak-Anak RW.19 Perumahan Taman Bukit Lagadar
Keywords:
Minat Belajar, Pendidikan, Penelitian, PengabdianAbstract
kejenuhan sehingga berkurangnya minat belajar, khusunya di lingkungan RT.03 RW.19. Permasalahan tersebut dibantu pemecahannya melalui kegiatan Berusik (Belajar Seru dan Asik). Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh kegiatan Berusik pada anak-anak RW.19. Metode yang digunakan ialah metode pre-experimental design jenis one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal), dan menganalisisnya menggunakan Skala Likert dan Uji Paired Sampled T- Test. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat signifikansi (2-tailed) sebesar <0,05 sehingga kegiatan Berusik memberikan pengaruh terhadap minat belajar anak-anak RW.19 Perumahan Taman Bukit Lagadar.
References
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Indrawati dan Wawan Setiawan. (2009). Modul Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: PTKIPA Press.
Mashudi, Toha dkk, (2007 :3): Pembelajaran di SD. Diakses dari laman web pada tanggal 3 Agustus 2021 Pukul 16.00 WIB dari: http://masguruonline.wordpress.com/2013/0 5/20/karakteristik– umumpembelajarandisekolahdasar/
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta).
Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aniken Yuliana Citra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.