Sinergisitas Desa dalam Optimalisasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLt-dd) di Desa Batujajar Barat

Authors

  • Alifa Angeliyana Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati. e-mail
  • Hafiizh Faathir Al Aziiz Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati
  • Hilmi Halimatus Sya’diyah Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Il mu Politik, UIN Sunan Gunung Djati
  • Yumna Yumna Fakultas Ushuluddin, UIN Sunana Gunung Djati

Keywords:

Bantuan Langsung Tunai, Pemerintahan Desa, Sinergisitas

Abstract

Semenjak adanya Covid-19 seluruh negara khususnya Indonesia ini menimbulkan adanya dampak kesejahteraan sosial dan ekonomi, menindaklanjuti dampak yang terjadi pada kesejahteraan sosial dan ekonomi, maka salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah berupa pemberian perlindungan sosial dalam bentuk pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada masa pandemi covid-19. Dimana pada desa Batujajar Barat sendiri pastinya terdampak oleh virus ini, dengan begitu desa Batujajar Barat telah menjalankan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu berupa pemberian BLT. Oleh sebab itu Sinergisitas antar pemangku kepentingan diperlukan demi tercapainya efektivitas, efisiensi, dan optimalisasi akan tujuan-tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan pada pengabdian ini yaitu membantu pihak desa dalam pencapaian percepatan penyaluran pembagian BLT. Metode Pengabdian yang digunakan merupakan metode pengabdian SISDAMAS (Berbasis Pemberdayaan Masyarakat) yang berfokus pada kolaborasi dan pengoptimalan program Desa Batujajar Barat, yaitu Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Hasil dari pengabdian ini sendiri yaitu dalam rangka memecahkan masalah yang ada, telah dilakukan diskusi antara peserta KKN dengan pihak desa sebagai unsur pelaksana kebijakan/program yang menghasilkan program kegiatan sinergi-kolaboratif antara Desa dengan Peserta KKN dalam pelaksanaan penyaluran BLT-DD sebagai upaya optimalisasi

References

Anggara, S. (2018). Kebijakan Publik. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Dwinugraha, A. P. (2017). Sinergitas Aktor Kepentingan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. PUBLISIA (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 1-7.

Iping, B. (2020). Perlindungan Sosial Melalui Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Di Era Pandemi Covid-19: Tinjauan Perspektif Ekonomi Dan Sosial. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 516-526.

Komisi XI. (2020, Oktober 17). Topang Masyarakat Desa Kala Pandemi, Perlu Optimalisasi Penyaluran BLT Dana Desa. Diambil kembali dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia: https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/30470/t/Topang+Masyarakat+Desa+Kala+Pandemi%2C+Perlu+Optimalisasi+Penyaluran+BLT+Dana+Desa+

Maulana, S. (2019). Sinergitas Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha dalam Pemberdayaan Usaha Kecil untuk Mewujudkan Pembangunan Nasional. Retrieved September 2021, from https://www.researchgate.net/profile/Syahrial-Maulana/publication/336987987_Sinergitas_Pemerintah_Masyarakat_dan_Dunia_Usaha_dalam_Pemberdayaan_Usaha_Kecil_untuk_Mewujudkan_Pembangunan_Nasional/links/5dbd0dd7299bf1a47b0ebb67/

Melati, & Zulkarnaini. (2021). Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Pasir Pengaraian. Journal Publicuho.

Novianty, I., Setiawan, I., Afiyanti, F., Syarief, E., Gunawan, A., Sudrajat, & Djantnika, D. (2020, Desember ). Praktik Penganggaran Dan Penyaluran Bantuan Dana Desa Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Senantias 2020, 1(1), 1583-1592.

Nugroho, S. (2021, Juni 10). Optimalisasi BLT Desa Untuk Pemulihan Ekonomi di Desa. Diambil kembali dari FIN: Fajar Indonesia Network: https://fin.co.id/2021/06/10/optimalisasi-blt-desa-untuk-pemulihan-ekonomi-di-desa/

Sarja. (2020, Agustus). Sinergitas Masyarakat Dan Pemerintah Desa Dlam Membangun Ekonomi Desa. Jurnal Madaniyah, 10(2), 271-284.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Wahid, U. (2016). Komunikasi Politik: Teori, Konsep, Dan Aplikasi Pada Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Anjela, R. (2019). Efektivitas Bantuan Dana Tunai Program PKH Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hidayat, E. (2020). Implementasi kebijakan dana desa untuk penanggulangan pandemi covid-19 di sampang. Communication and Humanities, 1(3).

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Angeliyana, A., Aziiz, H. F. A. ., Sya’diyah, H. H. ., & Yumna, Y. (2021). Sinergisitas Desa dalam Optimalisasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLt-dd) di Desa Batujajar Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(2), 39–56. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/195

Issue

Section

Articles