Program Pendampingan Belajar Siswa melalui Rumah Belajar Cendekia di Desa Cikubangsari selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Sri Prihatini Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rohmanur Azis Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN DR Sisdamas, Pandemi Covid-19, Pendampingan Belajar, Rumah Belajar Cendekia

Abstract

Pandemi Covid-19 masih belum usai dan berdampak pada sektor pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni dengan salah satunya memenuhi kegiatan KKN DR Sisdamas 2021 UIN Sunan Gung Djati Bandung yang dilaksanakan dalam situasi Covid-19 menggunakan metode pemberdayaan. Kegiatan dilaksanakan melalui KKN Individual di Desa Cikubangsari Kabupaten Kuningan. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar sebagai agen mahasiswa yang mengenyam pendidikan tinggi sesuai dengan aturan yang diberlakukan sehingga keberadaan mahasiswa dapat dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan belajar bagi siswa yang terdapak pada sistem pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam KKN DR Sisdamas ini terdapat 3 tahapan, diantaranya kegiatan refleksi sosial, perencanaan partisipasif, dan pelaksanaan program yang dibimbing secara virtual oleh Dosen pembimbing lapangan. Hasil dari pengabdian ini adalah perkembangan prestasi belajar siswa rata-rata menunjukkan perkembangan yang positif menuju ke arah yang lebih baik, serta antusias masyarakat terhadap kegiatan KKN DR Sisdamas ini sangat disambut dengan baik.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Prihatini, S., & Azis, R. (2021). Program Pendampingan Belajar Siswa melalui Rumah Belajar Cendekia di Desa Cikubangsari selama Pandemi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(10), 29–42. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/192

Issue

Section

Articles