PENDAMPINGAN MENGAJAR PADA KOMPETENSI MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG PADA MASA TRANSISI DI SDN PANGULAH SELATAN III
Keywords:
Pendidikan, Pendampingan, Calistung, PandemiAbstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling menentukan dan berpengaruh dalam perubahan sosial. Membaca, menulis, dan berhitung (calistung) sebagai mata pelajaran inti bertujuan untuk membekali siswa dengan berbagai keterampilan dasar literasi dan berhitung sehingga memiliki kemampuan awal untuk maju ke kelas berikutnya. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendampingan terhadap perkembangan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) pada siswa kelas I SDN Pangulah Selatan III. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis perkembangan siswa. Penelitian ini meliputi pengaruh pendampingan terhadap stimulasi membaca, menulis, dan berhitung (calistung) siswa. Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dengan sistem tatap muka yang memanfaatkan buku sebagai sumber belajar yang relevan dengan materi yang akan disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) siswa meningkat secara signifikan dengan adanya pendampingan mengajar.
References
Andrianto, Andrianto. 2019. Implementasi Komunikasi Edukatif dalam Pemaduan Iman, Ilmu dan Amal Studi Pembelajaran PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 3, no. 2: 89–105. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.261.
Handarini OI, Wulandari SS. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi 19. J. Pendidik. Adm. Perkantoran 8:496–503.
Krismawati, Krismawati, Idi Warsah, and Ummul Khair. 2020. Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia 3, no. 2 https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2262.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Anita Zukhrufa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.