EFEKTIVITAS SEMINAR BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT SISWA KELAS XII MA MIFTAHUL FALAH AS-SHIDDIQIYAH PANUMBANGA
Keywords:
bimbingan karir, minat studi lanjut, seminarAbstract
Bimbingan karir merupakan salah satu bentuk layanan dari program bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling adalah bagian dari keseluruhan program pendidikan di sekolah, yang ditujukan untuk membantu atau memfasilitasi siswa agar mencapai perkembangan diri yang optimal. Kegiatan layanan bimbingan karir di MA Miftahul Falah As-Shidiqiyyah masih belum dilakukan secara optimal. Hal tersebut menimbulkan kurangnya minat siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Seminar Bimbingan Karir di MA Miftahul Falah As-Shiddiqiyyah diadakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa yang bertujuan untuk (1) membantu siswa memperoleh gambaran mengenai life plan atau rencana hidup sesuai minatnya masing masing (2) memotivasi siswa agar selalu optimis dalam meraih tujuan hidup (3) memberikan gambaran mengenai jalur masuk perguruan tinggi dan jalur-jalur beasiswa (4) memberikan pemahaman mengenai dunia kerja dan kuliah. Seminar tersebut dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab Mekanisme pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di MA Miftahul Falah As-Shiddiqiyah Panumbangan meliputi tahapan: (1) membuat rancangan kegiatan, (2) pelaksanaan program, (3) melakukan evaluasi program. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa seminar bimbingan karir di MA Miftahul Falah As-Shiddiqiyah Panumbangan dinilai efektif untuk meningkatkan minat siswa dan siswi kelas XII untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dari hasil penyebaran angket, diperoleh rata-rata tingkat efektifitas seminar bimbingan karir untuk meningkatkan minat studi lanjut kelas XII adalah sebesar 77.8 %, sehingga dapat dikategorikan “sangat tinggi”. Dengan demikian, tujuan dari diadakannya seminar bimbingan karir ini dapat dikatakan sesuai dengan yang diharapkan.
References
Astuti, B., & Purwanta, E. (2019). Bimbingan Karier untuk Meningkatkan Kesiapan Karier. Yogyakarta: UNY Press.
Chodijah, S. (2016). Pengantar Bimbingan dan Konseling Pendidikan. Bandung: CV. Mimbar Pustaka.
Brown, D., & Associates (2002). Career Choice and Development (4th.Ed).San Fransisco: Jossey-Bass
Damayanti, D., & Widyowati, A. (2018). Peningkatan Career Decison Making Self Efficacy (CDMSE) Melalui Pelatihan Perencanaan Karir pada Siswa SMK . HUMANITAS, 35 - 45.
Hallen. (2002). Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Jakarta : Ciputat Pers.
Hamdani. (2012). Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: CV Pustaka Setia .
Hidayat, D. R., Cahyawulan, W., & Alfan, R. (2019). Karier : Teori dan Aplikasi dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher) .
Nurrega, R. G., Wahyuningsih, H., & Gusniarti, U. (2018). Konseling Karir Kelompok Cognitive Information Processing Untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. JPSP , 127 - 134
Purnamasari, A. (2006). Efektivitas Pelatihan Perencanaan Karir untuk Meningkatkan Kejelasan Arah Pilihan Bidang Minat Karir Pada Mahasiswa Semester III Fakutas Psikologi. Jurnal Humanitas , 38-49.
Santrock, John W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Terjemahan Shinto B. Adelar, Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.
Sari, I. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik pada Lembaga Pendidikan Sumatera Flight Education Center Palembang. Skripsi. Palembang: Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti.
Walgito, B. (2010). Bimbingan Konseling (Studi % Karier) . Yogyakarta: Andi Ofset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 SettingsElly Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.