UPAYA PEMERINTAH DESA SIRNAPUTRA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI

Authors

  • Syifa Nur Afifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anggit Husniati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wafiq Nur Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bella Yuliawan Barokah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anitia Laila Rahmah Aziz UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

covid 19, kebutuhan masyarakat, UMKM, vaksin

Abstract

Wabah pandemi Covid 19 yang melanda sebagian besar negara telah merubah semua kebiasaan dan tatanan kehidupan di masyarakat termasuk di Dusun Cimanglid, Desa Sirnaputra, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Baik dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan maupun bidang yang lainnya. Untuk memutus rantai penularan, pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan agar orang beraktivitas di rumah, pembatasan sosial skala besar maupun kecil. Dalam dunia pendidikan, hal ini mengakibatkan perubahan pada cara pembelajaran yang dilakukan secara online/ daring. Selain dalam dunia Pendidikan, pemerintah juga mengeluarkan aturan agar masyarakat tidak terlalu sering berakrivitas diluar rumah, dan jika memang dalam keadaan darurat harus beraktivitas diluar rumah, maka masyarakat diharuskan untuk selalu memenuhi peraturan pemerintah yang ada yakni dengan selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pemerintah setempat  tentu saja bekerja sama dengan masyarakat dalam memenuhi Kebutuhan hidup. Pemerintah Desa setempat lebih meningkatkan kegiatan UMKM yang telah berlangsung, dan juga melaksanakan suntik Vaksin agar kesehatan masyarakat dimasa Pandemi ini tetap terjaga.

References

Edi Mulyana. 2021. Kemenag Kota Tasik Dorong Porsadin 2021. Tasikmalaya: News Priangantimur.com.

Estro Dariatno Sihaloho. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Researchegate. Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Padjajaran.

Parid, Miptah dan Julrissani. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol 12 (1).

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Afifah, S. N., Husniati , A., Azizah, W. N. ., Barokah, B. Y., & Rahmah Aziz, A. L. (2021). UPAYA PEMERINTAH DESA SIRNAPUTRA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(8), 1–13. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/161

Issue

Section

Articles