Alat Handsanitizer Otomatis sebagai Instrumen Pembelajaran pada Anak untuk Menerapkan Protokol Kesehatan di Kampung Cikereti, Desa Sukamaju, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat

Authors

  • Siti Salamah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dedi Suyandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

handsanitizer otomatis, covid-19, sosialisasi, kuliah kerja nyata

Abstract

Pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini menyebabkan proses belajar mengajar masih dilakukan secara daring. Akibat pembelajaran yang dilakukan secara daring menyebabkan kurangnya kesadaran serta sulitnya mengendalikan anak sekolah yang masih belum paham terhadap protokol kesehatan, sering kali mereka abai dan tidak mematuhi protokol kesehatan yang harus dijalankan, salah satunya adalah mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer. Oleh kerenanya, dibutuhkan suatu alat handsanitizer yang di desain semenarik mungkin yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kesadaran anak untuk menerapkan protokol kesehatan. Metode yang digunakan dalam pembuatan alat handsanitizer otomatis ini adalah Research and Development (R&D). Setelah pembuatan alat selesai, dilakukan uji coba keefektifan dari alat handsanitizer ini agar bisa berfungsi dengan baik di masyarakat. Selain itu dilakukan sosialisasi dengan menggunakan metode deskriptif mengenai pentingnya menggunakan masker dan handsanitizer dengan diberi ilustrasi nyata mengenai bahayanya covid-19. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah tersedianya alat handsanitizer otomatis yang di desain menarik serta unik sehingga dapat menarik perhatian anak untuk mencoba alat tersebut dan anak menjadi terbiasa menjalankan protokol kesehatan selama melakukan aktivitasnya. Sehingga selain memiliki tingkat inovasi yang tinggi juga memiliki tingkat efesiensi yang tinggi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan COVID-19.

References

Aswani, A., Tumaggor, O. B., & Hasibuan, A. S. (2021). Peningkatan Kesadaran terhadap Protokol Kesehatan pada Anak-Anak Panti Asuhan Aisyiah Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. ISSN: 1979-5408, 1-7.

Fatmawati, F. (2020). Edukasi Penggunaan Handsanitizer dan Pembagian Handsanitizer disaat Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 432-438.

Fauzthinana, I., Khudayani, R., Qomarkan, M. W., Ariska, E., Widyastuti, P. S., & Supriyanto, T. (2021). Keefektifan Penggunaan Handsanitizer sebagai Pengganti Sabun dan Air dalam Cuci Tangan selama Pandemi Covid-19. Artikel Ilmiah KKN BMC-19, 1-8.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislama, 129-150.

Marfin, Sunardi, Ariyawan, Triyanto, A., Dinata, S., Mualim, E., . . . Ikhsan, D. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Handsanitizer Otomatis Mencegah Covid-19 dan Santunan Anak Yatim Dhuafa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat – Aphelion, 85-95.

Mas'udi, W., & Winanti, P. S. (2020). New Normal Perubahan Sosial Ekonomi dan Politik Akibat Covid-19. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pollard, C. A., Morran, M., & Nestor-Kalinoski, A. (2020). COVID-19 pandemic: a global health crisis. Physiol Genomics, 549-557. doi:10.1152/physiolgenomics.00089.2020

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafrikhatin, A., & Sugiyanto, D. S. (2020). Handsanitizer Otomatis Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Atmega 328 Guna Pencegahan Penularan Virus Corona. Jurnal E-KOMTEK (Elektro-Komputer-Teknik), 127-135.

Torjesen, I. (2021). Covid-19 will become endemic but with decreased potency over time, scientists believe. BMJ : British Medical Journal (Online); London, 1-3. doi:10.1136/bmj.n494

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Salamah, S. ., & Suyandi, D. . (2023). Alat Handsanitizer Otomatis sebagai Instrumen Pembelajaran pada Anak untuk Menerapkan Protokol Kesehatan di Kampung Cikereti, Desa Sukamaju, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(3), 129–142. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1492

Issue

Section

Articles