Pemanfaatan Sumber Daya Alam guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Cipelah

Penulis

  • Eka Jati MFS UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Milla Jamilatulatifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Ulfa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Sumber daya alam, gula aren, perekonomian

Abstrak

Pengabdian dilakukan di Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Penelitian dan pengabdian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana cara pemanfaatan sumber daya alam di Desa Cipelah.. Metode  yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabdian ini dilakukan dalam empat siklus, yaitu refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program dan evaluasi program. Output dalam pengabdian ini adalah mengetahui bagaimana cara pemanfaatan sumber daya alam untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa cipelah.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Cipelah,_Rancabal i,_Bandung

http://aglomeka2.blogspot.com/p/sentra- industri-kecil-gula-merah- gula.html?m=1

http://siat.ung.ac.id/

http://scholar.unand.ac.id/

Jurnal Hutan Tropis Volume 3 No 3 November 2015 Rosanna Lubis. Skiripsi Analisis Strategi Pemasaran Usaha Gula Aren (Studi Kasus : Desa Ranjo Batu Kecamatan Muara Sipongi Kabupaten Mandailing Natal )

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Jati MFS, E. ., Jamilatulatifah, M. ., & Ulfa, S. . (2023). Pemanfaatan Sumber Daya Alam guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Cipelah . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(3), 118–128. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1491

Terbitan

Bagian

Articles