Peran Penting dalam Penerapan PHBS pada Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Masyarakat Khususnya di Desa Weru Lor

Authors

  • Rahayu Kusumadewi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anharul Hakim Abdullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Annisa Maharani Kotto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Noviani Krisalifa Ma’wa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shilvi Rahma Adiningtias UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

COVID-19, Kesehatan, Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas kesehatan di masa pandemi dan mendeskripsikan tentang COVID-19.        Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menerapkan ke studi pustaka baik primer maupun sekunder dan menggunakan beberapa metode yaitu PHBS, ceramah, praktek, dan diskusi. Hasil dan pembahasan penelitian ini mencakup tinjauan umum kesehatan, covid-19 dan kegiatan-kegiatan di bidang kesehatan pada masa pandemi. Di masa pandemi COVID-19 saat ini, semakin menjadikan kesehatan sebagai hal utama. Namun masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhui protokol kesehatan. Adapun  program kesehatan seperti posyandu sangatlah baik, namun dalam keadaan pandemi seperti ini prokes sangatlah kurang. Dengan demikian peneliti memusatkan permasalahan dengan menitikberatkan tentang PBHS. Hasil penelitian ini menyimpulkan hasil dalam masa pandemi gaya hidup sehat dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menggambarkan aspek gaya hidup yang selalu mengawasi dan memelihara kesehatan. Penelitian ini diharapakan memiliki manfaat bagi masyarakat tentang pengetahuan umum di bidang kesehatan.

References

Akbar, K. R., Wilastiara, E. B., Noviyanti, R., Ardiani, R., & Sudinadji, M. B. (2021). Analisis Perilaku Masyarakat Selama Pandemic Covid-19 Dan New Normal. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik Vol.2 No.1.

Ardianto, A., Sari, V. L., Sukamto, & S, E. S. (2020). Analisis Perilaku Hidup, Bersih Dan Sehat Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Olahraga, Volume 05, No. 02.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Furkan, Rusdin, & Shandi, S. A. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Olahraga Saat Pandemi Corona Covid-!9. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan VOL. 5. N0. 1.

Gloriyani, H. Y., & Listiani, E. (2015). Analisis Kesalahan Penulisan Singkat Dan Akronim Dalam Surat Kabar "Radar Cirebon" Periode 11

s.d. 17 Maret 2015. Jurnal UNIKU.

Karuniawati. (2020). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Dalam Pencegahan Penularan COVID-19. Jurnal Kesehat Karya Husada .

Mulyadi, H. D., Azizah, L. N., Ramadhan, M. A., Ashraf, N., & Tyas, S. W. (2020). Pentingnya Penerapan PHBS Dalam Menghadapai Covid-19 Di Lingkunga Masyarakat.

Pinasti, F. D. (2020). Analisis Dampak Pandemi Corona Virus Terhadap Tingkat Kesadaran Analisis Dampak Pandemi Corona Virus Dalam Penerapan Protokol Kesehatan. Wellnes And Healthy Magazine 2 (2).

Purwaningsih, N. S., Fadhilah, H., Ismaya, N. A., Sucipto, & Melizsa. (2021). Education Of The Prevention Of Covid 19 Transmission And Mental Psychosial Health Support In Households In South Tangerang Banten. Jurnal Abdi Masyarakat Vol. 2, No.1, .

Salsabila, & Meiyanto. (2020). Menjaga Hidup Bersih dan Sehat Pasca Pandemi.

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid

!9 Dalam Pandangan Islam. Jurna Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta VOL. 7 No. 6.

Ulfa, Z. D., & Perdana, J. A. (2021). Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Melalui Gizi Seimbang Bagi Mahasiswa PJKR FKIP Universitas Palangka Raya. Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan VOL. 1 NO.1 .

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Kusumadewi, R. ., Abdullah, A. H. ., Kotto , A. M. ., Krisalifa Ma’wa , N. ., & Adiningtias, S. R. . (2023). Peran Penting dalam Penerapan PHBS pada Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Masyarakat Khususnya di Desa Weru Lor. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(3), 106–117. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1490

Issue

Section

Articles