Edukasi Kesadaran Masyarakat Desa Leuwigoong akan Pentingnya Vaksinasi di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Hanip Khoerudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabil Abdullah Fattah Madani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gina Nurfadilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

COVID-19, Edukasi, Vaksinasi

Abstrak

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia memberikan dampak yang terlihat nyata bagi Indonesia. Virus COVID-19 pertama kali terkonfirmasi di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, dan sejak saat itu sampai sekarang COVID-19 telah merenggut banyak nyawa yang menyebabkan kematian. Salah satu cara untuk mengurangi resiko terpapar virus COVID-19 adalah dengan vaksinasi. Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh manusia untuk meningkatkan produksi antibodi guna menangkal penyakit tertentu. Upaya pemerintah dengan memberikan vaksinasi kepada warga masyarakat sebagai bentuk pencegahan COVID-19 masih dirasa pro dan kontra oleh masyarakat, menurut survei masih banyak warga yang masih takut tentang keampuhan serta kefektifan dari vaksinasi tersebut. Faktor lainnya juga karena terdapat pemberitaan yang tidak sesuai yang banyak beredar sehingga masyarakat masih belum banyak yang mengetahui lebih jelas mengenai vaksinasi tersebut, termasuk masyarakat yang ada di Desa Leuwigoong. Untuk meluruskan hal tersebut maka perlu adanya edukasi mengenai pentingnya vaksinasi COVID-19 agar masyarakat tidak merasa takut untuk di vaksin COVID-19.

Referensi

Affandi, A., Sarwani, A. S., Erlangga, H., Siagian, A. O., Purwanto, A., Effendy, A. A., ... & Wahyitno, C. D. M. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.

Azizah, Maghvirotul. Skripsi Model Matematika Penyebaran Penyakit Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dengan Vaksinasi, Isolasi Mandiri, dan Karantina di Rumah Sakit.

George, R. Terry, 1979, Principles of Management.

Haque, M. G., Munawaroh, M., & Sunarsi, D. (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon” Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 3(2), 447-451.

Mu'tamar, Khozin. Putra, Supriadi. Adi, Sukma. Jurnal Analisis Penyebaran COVID-19 dengan Menggunakan Model SIR dan Vaksinasi serta Estimasi Parameter.

Rosidah, Sulistiyani, T. A. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 2, Cetakan Pertama. Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Khoerudin, H. ., Fattah Madani, N. A. ., & Nurfadilah, G. . (2023). Edukasi Kesadaran Masyarakat Desa Leuwigoong akan Pentingnya Vaksinasi di Masa Pandemi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(3), 85–94. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1486

Terbitan

Bagian

Articles