Pemberian Pemahaman Hukum tentang Usia Minimum Perkawinan melalui Program Podcast Hukum Keluarga

Authors

  • Karina Arfilia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • H. Munir UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Hukum, Podcast, Usia Minimum Perkawinan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan KKN-DR Sisdamas Mandiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2021, yang dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Dimana, fokus dari kegiatan KKN-DR ini adalah memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat terkait usia minimum perkawinan yang baru saja mengalami perubahan pada tahun 2019 lalu. Metode pengabdian yang digunakan dalam artikel ini adalah Metode Sisdamas atau Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Metode ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (Sisdamas) yang diusung oleh Tim Pusat Pengabdian LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu Siklus I hingga III bagi peserta KKN Mandiri. Dari Siklus I dan II diperoleh permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yakni kurangnya pengetahuan mengenai usia minimum perkawinan terbaru dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 serta Hak-Hak Anak menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014. Sehingga fokus program yang direncankan yakni pemberian pemahaman hukum tentang usia minimum perkawinan melalui program podcast hukum keluarga (secara online) dan sosialisasi perlindungan anak serta dampak pernikahan dini (secara offline). Adapun hasil dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan adalah terciptanya masyarakat yang paham dan sadar hukum.

References

Ali, M. M. (2021). Sosialisasi Hukum Dalam Kehidupan Masyarakat. An-Natiq: Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 6-7.

Arif, W. (2021, Juni 7). Perkara Permohonan Dispensasi Perkawinan di Pengadilan Agama Bondowoso Tahun 2020. (K. Arfilia, Pewawancara)

Nurmala, I. A. (2017). Analisis Pengetahuan Perempuan Terhadap Perilaku Melakukan Pernikahan Usia Dini Di Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. The Indonesian Journal of Public Health, 250.

Rusdi, F. (2012). Podcast Sebagai Industri Kreatif. Jurnal Universitas Tarumanagara, 2.

Saksono, F. I. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources. Jurnal Teknodik, 306.

Santoso. (2016). Hakekat Perkawinan Menurut Undang-Undang Perkawinan, Hukum Islam Dan Hukum Adat. Jurnal Yudisia, 414.

Soemitro, R. H. (1981). Sosialisasi Hukum, Suatu Konsepsi Mengenai Pengembangan Penalaran Hukum. Jurnal Hukum & Pembangunan, 582.

Sururie, R. W. (2019). Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Al-khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 25.

Tiara, D. M. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 127.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Arfilia, K. ., & H. Munir. (2023). Pemberian Pemahaman Hukum tentang Usia Minimum Perkawinan melalui Program Podcast Hukum Keluarga. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(3), 49–60. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1482

Issue

Section

Articles