Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Madrasah Diniyyah di Desa Sunia

Authors

  • Alfan Siti Qurrotul Aini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alifa Ayu Pitaloka Suandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yunita Nur Ziyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tanti Dewinggih UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Akhlak, Efektivitas pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Masalah yang terjadi sekarang sering kali mengenai moral akhlak siswa atau kurang terbimbingnya siswa mengenai etika dan sopan satun dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian adalah untuk menjadikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menjelaskan secara rinci, serta observasi langsung dan menggambarkan secara spesifik berdasar kegiatan yang dilakukan saat pengajaran. Hasil Penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa di Madrasah Diniyah Blok Teja Desa Sunia sudah berjalan dengan efektif, namun belum optimal. Gambaran akhlak siswa Madrasah Diniyah Blok Teja desa Sunia menurut hasil penelitian sudah baik, namun ada sebagian siswa yang masih perlu bimbingan dari orangtua, guru, dan lingkungannya sehingga dibutuhkan peran penting guru Pendidikan Agama Islam di sekolah untuk membimbing dengan metode yang baik. Peran Kuliah Kerja Nyata dalam lingkungan Madrasah Diniyah Blok Teja Desa Sunia berpengaruh dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa.

References

Amin, Al Fauzan. 2015. Metode Pembelajaran Agama Islam. Bengkulu: IAIN Bengkulu Press.

Aminudin, Aliaras Wahuh, dkk. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baharun, H. 2017. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-Langkah) Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka.

Elihami Elihami, Abdullah Syahid. 2018. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2(1): 79–96.

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep dasar evaluasi dan implikasinya dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1).

Kuswanto, Edi. “Peran Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah”, Jurnal Kajian Pendidikan Islam 6 (2).

Mahfudh, d. S. (2007). Metodologi Pendidikan Agama. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Mardani, D. (2015). AL-Qur'an dan Terjemahannya. jakarta: Prenada Media.

Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,.

Nafisah. 2016. “Pembinaan Akhlak Siswa Di Madrasah Diniyah Assalam Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.” Bimbingan Dan Konseling Islam 2(1): 1–12, 70–73.

Patoni, Ahmad. 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bina Ilmu.

Rubini. 2021. “Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum”, Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta, Indonesia Vol. 21. No. 1.

Tambak, Syahraini. 2016. “Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 17 Kota Palu.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13(2): 110–27.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Qurrotul Aini, A. S. ., Pitaloka Suandi, A. A. ., Fitriyani, Nur Ziyanti , Y. ., & Dewinggih , T. . (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Madrasah Diniyyah di Desa Sunia. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(3), 29–42. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1480

Issue

Section

Articles