Peran Mahasiswa Dalam Bidang Pendidikan di Kampung Barangbang Hilir Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor

Authors

  • Azizi Mohammad Rifal Bahasa dan Sastra Arab, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farasita Nurmahfudzah Bahasa dan Sastra Arab, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Andriansyah Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Lutfiyah Ulfah Studi Agama-agama, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bimbingan Belajar, KKN-DR, Program Semangat Belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Sosiologi.  KKN-DR Sisdamas ini dilaksanakan di RW 04 dan RW 05 Kampung Barangbang Hilir Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Permasalahan yang didapati ialah rendahnya kemampuan membaca, menulis dan juga menghitung pada anak usia Sekolah Dasar, serta pola pikir masyarakat mengenai pendidikan yang masih kurang di perhatikan. Oleh karena itu, kegiatan KKN-DR ini bertujuan untuk memberikan pengajaran soal membaca, menulis dan juga menghitung serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang begitu pentingnya pendidikan untuk anak-anak. Adapun program yang dilakukan oleh mahasiswa ialah program Semangat Belajar, yang mana didalamnya berisi mengenai bimbangan belajar serta memotivasi anak-anak agar semangat dalam belajar. Metode yang dipakai dalam program ini ialah memberikan bimbingan belajar secara langsung dengan menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan. Tujuannya supaya anak-anak bisa merasa senang dalam belajar serta mudah dalam memahami materi yang diberikan.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Rifal , A. M. ., Nurmahfudzah, F. ., Andriansyah , M. ., & Ulfah , P. L. . (2023). Peran Mahasiswa Dalam Bidang Pendidikan di Kampung Barangbang Hilir Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(7), 104–116. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1433

Issue

Section

Articles