Metode Menghafal dengan Bernyanyi Terhadap Motivasi Belajar Santri Bidayatussyifa,Bojong

Authors

  • Lailatul Mahfiroh Bahasa dan Sastra Arab, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Nazmi Rezab Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nizamuddin Aulia Al Isfahani Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Fadilah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rialdi Fajri Pohan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,

Keywords:

Pandemi Covid-19, Sistem Pendidikan, Metode, motivasi

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap manusia, peran pendidikan sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh karena itu pendidikan menjadi tanggung jawab utama yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dimasa pandemi Covid-19 saat ini, tentu banyak dampak yang ditimbulkan dari berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial dan tentunya pendidikan yang sangat terasa dampaknya saat ini. Adanya pandemi ini tentu sangat merubah struktur pendidikan terutama di Indonesia. Seperti halnya di Desa Bojong Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, dimana hampir seluruh warga di Desa Bojong merasakan keresahan dari adanya perubahan sistem pendidikan yang dilaksanakan secara daring atau di rumah. Oleh karena itu perlu adanya inovasi atau semangat baru yang harus ditularkan kepada warga masyarakat, terkhusus warga Desa Bojong, agar bisa dan dapat mampu beradaptasi dengan situasi pandemi saat ini.

Kata kunci: , ,, 

References

Arifin, 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara (cetakan ke VII) 21- 3-

Bukhori. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset (cetakan ke IV) 103 - 107

Dian, 2020. Metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas II MI Darul Hikmah, Bantarsoka. Jurnal: IAIN Purwakarta. Hlm. 19 – 21

Haryanti, Nik. 2014. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: ALFABETA, cv (cetakan ke II)

Iis, 2019. Pengaruh Kualitas Keberagaman Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa. Atthulab: Islamic Religion And Learning Journal (labolatorium Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) 235 - 236

Nana, Ahmad. 2015. Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo (cetakan ke XII) 1-2

Sururie, R. W, DKK. Model KKN SISDAMAS UIN Sunang Gunung Djati Bandung: Tantangan dan peluang pelaksanaan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. (2019).

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Mahfiroh , L., Rezab , M. N. ., Al Isfahani , N. A. ., Fadilah , N. ., & Pohan , R. F. (2023). Metode Menghafal dengan Bernyanyi Terhadap Motivasi Belajar Santri Bidayatussyifa,Bojong. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(8), 156–165. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1401

Issue

Section

Articles